Ternyata Diam-diam Toyota Persiapkan Mobil Ini Untuk Lawan Mitsubishi Expander

Mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), produk paling laku di Indonesia. Beberapa pabrikan, mengisi segmen ini dengan berbagai keunggulan. Namun tetap, produk terlaris masih dikuasai Toyota Avanza.

Bahkan tahta Avanza, tak tergoyahkan sejak pertama kali diluncurkan pada 2003 silam. Lantas, Senin (24/7) lalu Mitsubishi memperkenalkan pesaing Avanza, yang hingga saat ini belum bernama namun diberi julukan New Generation MPV.

Ya, rencananya mobil ini debut secara global dan mulai dipasarkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) mulai 10 Agustus 2017 mendatang.

Meski belum diluncurkan, namun Mitsubishi memberi bocoran harga. Mobil ini dijual mulai Rp 189 hingga Rp 246 juta. Harga yang dipatok itu, memang berbenturan langsung dengan sang penguasa, Toyota Avanza. Namun, hal ini menambah pilihan untuk masyarakat Indonesia yang ingin membeli MPV seperti Avanza dan sejenisnya.

Tapi nyatanya, Toyota tidak bergeming. Mungkin merasa Avanza terlalu kuat untuk ditaklukkan para pesaing disegmennya. Apalagi, diam-diam Toyota masih punya senjata yang nantinya bisa digunakan untuk melumpuhkan MPV Mitsubishi–mungkin sejak hari lahirnya.

Adalah suatu Avanza Tigre! Ya, memang belum ada keterangan resmi kapan mobil ini akan diluncurkan. Toh, Toyota sepertinya tidak juga perlu buru-buru, karena memang model Tigre ini disiapkan untuk melawan siapa saja lawannya.

Kalau model standarnya saja sudah begitu sulit ditaklukkan, lalau bagaimana dengan Avanza Tigre? Kalau nama Avanza saja sudah melekat di hati para pecinta low MPV, pun begitu dengan versi Tigre yang potensinya juga sangat besar–setidaknya untuk meredam hebohnya MPV Mitsubishi.

Sama-sama berbodi kekar dan berkapasitas mesin sama, namun satu keunggulan dari Avanza Tigre adalah karena memang basiknya dari mobil sejuta umat Toyota, yakni Avanza, yang tak hanya merajai segmen low MPV, tapi juga paling laris dari semua mobil yang dijual di Tanah Air!

Untuk membuat varian mobil baru, memang TAM memiliki banyak pertimbangan khususnya bagaimana caranya agar varian yang baru ini tidak mencaplok produk Toyota yang lainnya.

Sebagai contohnya, bagaimana caranya agar Veloz Tigre tidak mengambil alih pasar Rush atau Yaris Heykers. Hal ini karena Veloz Tigre juga didesain dengan ground clearance yang tinggi serta memiliki skid plate dan roof rail yang membuatnya tampak seperti sport utility vehicle (SUV).

Untuk diketahui, jika embel-embel “Tigre” yang disematkan di belakang namanya adalah sebagai gambaran dari desain yang dikabarkan mengambil inspirasi dari wajah Harimau yang sedang marah. Proyek modifikasi mobil ternyata dilakukan oleh tim desain TAM yang juga berkoordinasi dengan divisi yang terkait.

Seluruh tubuh dari Veloz Tigre ini diberi laburan warna sonic titanium, sedangkan untuk bagian bemper depannya warna tersebut dikombinasikan dengan warna aksen yaitu red mica craystal shine. Lalu, untuk bagian head lamp projector sendiri hadir dengan warna hitam. Warna gelap ini tentu memunculkan kesan gagah sekaligus sangar pada muka mobil ini.

Untuk bagian belakang mobil, perubahan bisa dijumpai pada bagian rear roof spoiler yang kini hadir dengan High Mounted Stop Lamp (HMSL). Selain itu, beberapa bagiannya juga diberi warna hitam seperti rear backdoor garnish, bemper belakang, dan tail lamp. Bagian belakang juga makin lengkap dengan kehadiran pelek alloy berukuran 16 inci.

Advertisements