Aplikasi Youtube Go dari Google Untuk Streaming Hemat Kuota

YouTube merilis sebuah aplikasi streaming video “ramah data”. Bernama YouTube Go, aplikasi tersebut ditujukan untuk bekerja secara efektif di daerah yang tidak memiliki kecepatan internet terlalu baik.

Sama seperti aplikasi YouTube yang ada saat ini, YouTube Go memiliki fungsi utama untuk streaming video. Hanya saja, YouTube Go dibekali berbagai fitur untuk menghemat data internet.

Versi ringan ini tidak berbeda jauh dari aplikasi YouTube versi reguler, namun ketika hendak memutar video, maka Anda akan disarankan untuk menyimpannya secara offline. Ada dua resolusi yang ditawarkan pada aplikasi ini, yakni versi kualitas basic yang diperkirakan 144p dan video berkualitas standar yang kemungkinan beresolusi 360p.

Hal menarik lainnya dari aplikasi YouTube Go ini selain bisa menyimpan video secara offline, pengguna juga dimungkinkan untuk berbagi video offile dengan rekan-rekan via Bluetooth. Meski berbagi video ini secara offline, namun Google menegaskan jika proses sharing tersebut membutuhkan akses data sekitar 15kb untuk melakukan pemeriksaaan keamanan video yang diterima melalui Bluetooth.

Sebenarnya fitur mengunduh dan transfer video secara offline yang dimiliki aplikasi ini, dapat memicu terjadinya pembajakan hak cipta. Karena video yang telah diunduh dapat disebarluaskan, tanpa memerlukan izin khusus.

Namun tanpa menggunakan YouTube Go pun, pembajakan konten video juga tetap akan terjadi. Tapi yang pasti Google juga sudah menyiapkan langkah pengamanan, untuk menghindari pembajakan video semacam itu.

Hal ini diharapkan dapat dinikmati seluruh dunia, sehingga dengan Youtube Go, Google semakin bisa bersaing dengan aplikasi penyedia streaming video lainnya seperti Netflix, iflix, Genflix, dan Hoox dengan segudang fitur yang ditawarkan untuk kemudahan pengguna.

Beberapa waktu lalu Google juga baru meluncurkan layanan terbaru mereka yang disebut YouTube TV. Layanan terbaru dari Google ini memungkinkan pengguna untuk menikmati layanan TV berbayar, dan menawarkan banyak pilihan channel.

Advertisements