Mitsubishi XM akan Berbagi Platform Dengan Nissan

Kehadiran low MPV Mitsubishi XM Concept mungkin akan menjadi penghadang pasar mobil-mobil MPV di dalam Negeri, seperti Toyota Grand New Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan sejenisnya, bahkan MPV murah Toyota Calya maupun saudara kembarnya Daihatsu Sigra.

Apalagi khabar terbaru yang berhembus di telinga pecinta otomotif mulai terungkap bahwa calon low MPV Mitsubishi XM Concept ini nantinya akan berbagi platform dengan produk Nissan di masa mendatang.

Pada September 2017, Small MPV berbasis XM Concept mulai diproduksi. Mobil ini merupakan spesies terbaru Mitsubishi secara global. “Delapan puluh ribu unit kapasitas produksinya, 60 ribunya untuk Indonesia, sisanya diekspor,” jelas Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko di Cikarang, Jawa Barat (25/4).

Distribusi ekspor model ini, rencananya untuk pasar Asia Tenggara terlebih dahulu. Namun Masuko menjelaskan, pihaknya sudah mempertimbangkan pilihan untuk mendistribusikan mobil ini bagi Nissan.

“Pada 2019, kami mulai memproduksinya untuk Nissan, sebagai bagian dari kerjasama MMC dan Nissan Motors Corporation (NMC),” imbuh Masuko. Seperti diketahui, MMC sejak tahun lalu sudah beraliansi dengan Nissan pasca skandal emisi di Jepang.

“Meski memiliki kesamaan, secara umum ada perbedaan desain dengan produk Nissan. Jadi dari sisi tampilan akan berbeda,” ungkap Osamu

Kondisi sharing platform memang telah diprediksi sebelumnya. Ini ditandai karena terjadinya aliansi antara perusahaan induk Mitsubishi Motor Corporation dengan Nissan Motor Corporation beberapa waktu lalu. Dan ini bertepatan dengan proses pengembangan Mitsubishi XM Concept.

Namun Iwaba tidak menginformasikan lebih lanjut kira-kira produk Nissan mana yang akan menggunakan platform Mitsubishi XM Concept. Apakah ini akan terjadi pada the next Nissan Livina 2018?.

Iwaba hanya menambahkan, Nissan tidak akan melakukan produksi sendiri terhadap kendaraan baru tersebut.

Dengan demikian, jangan kaget bila nantinya akan ada saingan duet maut Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang kini telah menjadi legenda di ranah otomotif Indonesia. Proyeksinya, versi Nissan akan memiliki kelengkapan fitur lebih tinggi ketimbang XM Concept. Dengan ini maka posisi mereka tidak akan bertemu langsung di pasar melainkan saling mengisi satu sama lain.

Advertisements