Fakta Mobil Toyota Limo Bekas Taksi

Tren membeli mobil bekas taksi belum cukup merebak di masyarakat. Pilihannya memang tidak banyak, bahkan hanya satu macam. Salah satunya mobil sedan Toyota Limo yang biasa digunakan untuk operasional beberapa perusahaan taksi.

Rata-rata perusahaan taksi memang memiliki kebijakan untuk mengganti armada taksi mereka dengan tipe yang lebih baru, agar penumpang tetap tertarik menggunakan jasa yang mereka tawarkan. Nah, mobil-mobil lama yang sudah habis masa pakainya kemudian ditawarkan kepada masyarakat, tentunya dengan harga di bawah pasar tipe sejenis.

Mesin 

Biasanya, perusahaan taksi akan melego armadanya bila sudah mencapai jarak 300 ribu kilometer. Hal ini, biasanya dicapai setelah mobil tersebut digunakan selama 5 – 6 tahun.

Mengenai mesin, biasanya spesifikasinya tidak berbeda dengan model yang dijual untuk umum. Limo milik Blue Bird, misalnya menggunakan mesin 1.500cc berteknologi injeksi yang juga digunakan oleh Toyota Vios. Yang terpenting adalah memilih perusahaan mana yang paling apik merawat mesin armada taksi mereka.

Kaki-kaki

Mungkin ini salah satu kelemahan mobil eks taksi. Perjalanan menempuh ratusan kilometer setiap hari, ditambah dengan kondisi jalan yang tidak selalu mulus, menyebabkan kaki-kaki mobil cepat sekali berkurang kemampuannya.

Hal ini, makin diperparah dengan penggunaan beberapa komponen yang spesifikasinya di bawah mobil yang dijual untuk umum, seperti suspensi, velg, dan ban. Untuk suspensi, biasanya mereka menggunakan versi murah yang cenderung empuk, sehingga membuat mobil tidak stabil bila dipacu dengan kecepatan tinggi.

Kurang Prestige

Saat ini pamor mobil Ex. Taksi sedang meredup akibat digempur oleh tawaran menggiurkan mobil LCGC dari 5 pabrikan besar; Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go Panca, Honda Brio Satya, dan Suzuki Karimun Wagon R. Banderol mobil LCGC sangat menggiurkan masyarakat luas karena mobil berpredikat LCGC tidak dibebankan PPN untuk  menekan harga jualnya sebisa mungkin dibawah 100jt.

Bayangkan saja anda bisa membawa pulang Suzuki Karimun Wagon R tipe GA sebagai LCGC termurah seharga 86jt On The Road dengan kondisi 100% gress produksi tahun terbaru. Jika disandingkan dengan Toyota Limo Ex.Taksi Blue Bird produksi tahun 2008 yang diobral hanya 78jt, sedangkan produksi tahun 2009 saat ini ditulis hanya dibanderol 83jt dengan jam terbang (odometer) sudah diatas 300.000km lebih. Jelas hal ini menjadi pukulan keras bagi pengusaha taksi yang sedang meremajakan armadanya membuat stock menjadi menumpuk karena lemahnya penyerapan pasar.

Advertisements