Sinopsis Film The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013)

Kita akan melihat adegan dimana Thorin dan Gandalf masih merencanakan perjalanan itu, sebelum semua Kurcaci berdatangan ke rumah Bilbo, di film The Hobbit: An Unexpexted Journey.

Di sebuah rumah makan (bar), Gandalf menemui Thorin Oakenshield yang sedang makan di situ. Gandalf membujuknya untuk mendapatkan kembali Arkenstone untuk menyatukan Para Kurcaci, dan mengatakan bahwa untuk mencuri Permata dari Smaug itu membutuhkan seorang pencuri yang lihai.

Tiba-tiba cerita melompat setahun kemudian yaitu Thorin bersama dengan 13 kurcaci dan Bilbo (Martin Freeman) yang sedang diburu oleh bangsa Orc.

Bilbo memberitahu apa yang ia lihat pada para Kurcaci dan Gandalf bahwa ada seekor beruang besar berwarna hitam juga melacak mereka. Gandalf memandu mereka ke rumah Beorn untuk meminta pertolongan, Beorn adalah seorang pengubah bentuk, yang terkadang berubah bentuk menjadi beruang seperti yang dilihat oleh Bilbo.

Malam itu, Azog diperintahkan untuk pergi ke Dol Guldur dan memerintahkan anak buahnya, Bolg, untuk mengambil alih untuk memburu Thorin. Keesokan harinya, dengan bantuan kuda yang disediakan oleh Beorn, kelompok petualangan itu sampai di Mirkwood. Di situ, Gandalf menemukan coretan Bahasa Hitam dan bersamaan dengan pesan telepati dari Lady Galadriel yang menyuruh Gandalf untuk pergi ke High Fells.

Kemudian Gandalf meninggalkan mereka tanpa penjelasan alasan dia pergi. Tapi Gandalf memperingatkan Thorin dan lainnya untuk tetap berada di jalan setapak di dalam hutan itu dan berpesan untuk menunggunya sebelum masuk Gunung Sunyi.

Setelah mereka masuk hutan itu, mereka kehilangan jalan setapak itu dan ditangkap oleh laba-laba raksasa (dibuntel pake jaring laba-laba). Bilbo, dengan bantuan pedang yang ia pegang, akhirnya bisa keluar dari buntelan jaring itu dan menusuk laba-laba raksasa itu. Kemudian dengan bantuan Cincin yang ia pegang,  Bilbo membebaskan para Kurcaci. Saat Bilbo membebaskan mereka, Cincin itu terjatuh. Bilbo mulai mengetahui bahwa Cincin itu memberi pengaruh yang buruk bagi dirinya, yang mampu membuat dia membunuh laba-laba itu secara brutal demi mendapatkan Cincin itu.

Laba-laba itu berdatangan lebih banyak lagi, yang kemudian datanglah patroli Peri Hutan yang dipimpin oleh Legolas dan Tauriel. Para Peri itu membunuh semua laba-laba, kemudian menangkap para Kurcaci dan memenjaranya di penjara bawah tanah mereka. Peri itu menangkap para Kurcaci tapi tidak dengan Bilbo. Saat itu Bilbo menggunakan Cincinnya agar tidak kelihatan, dan mengikuti mereka masuk ke dalam Kerajaan Peri untuk membebaskan para Kurcaci.

Raja Peri, Thranduil, menawarkan bantuan pada Thorin dengan imbalan mengembalikan batu Permata miliknya. Tapi Thorin menolaknya karena sakit hatinya pada Thranduil yang tidak berbuat apa-apa saat Smaug menyerang Kerajaannya. Kemudian Thranduil memenjarakan Thorin bertahun-tahun jika perlu. Bilbo yang berhasil masuk, akhirnya membebaskan para Kurcaci dengan menggunakan tong-tong air yang kemudian jatuh ke sungai. Sementara dikejar oleh para Peri, mereka disergap oleh Bolg dan para Orc. Kili terluka, kena panah Orc yang beracun.

Kemudian Thranduil memerintahkan untuk menjaga ketat Kerajaannya, dan ia mengetaui bahwa kegelapan telah kembali dan menghimpun kekuatan yang besar di Selatan. Tapi Tauriel menentang perintah Raja dan meninggalkan Kerajaan untuk menolong para Kurcaci, yang diikuti oleh Legolas. Sementara itu, Gandalf bertemu Radagast untuk menyelidiki makam Nazgûl yang ditemukan kosong. Gandalf mengungkapkan bahwa mereka hanya menjawab pada satu Tuan.

Kelompok Thorin yang berhasil kabur dari kejaran Peri dan Orc, bertemu dengan pria bernama Bard yang membantu mereka menyelundup ke Esgaroth, Kota Danau, dimana para keturunan Dale kini berada. Tuan Kota Danau akhirnya membeberkan siapa sebenarnya Bard. Bard merupakan keturunan dari penguasa kota Dale, Girion. Girion merupakan orang terakhir yang berjuang melawan Naga itu dengan menembakinya menggunakan Panah Hitam. Thorin memberi janji pada Tuan Kota Danau dan rakyatnya untuk ikut menikmati harta gunung jika Tuan Kota Danau melepaskan mereka dan membiarkan mereka melanjutkan perjalanan.

Kemudian mereka melanjutkan perjalanan, tapi Thorin memaksa Kili untuk tetap di Kota Danau karena Kili terluka dan itu memperlambat perjalanan. Fili dan Oin memilih untuk menemani Kili, sedangkan Bofur ketinggalan. Sehingga yang tetap di Kota Danau hanya mereka berempat: Fili, Kili, Oin dan Bofur.

Sementara itu, Gandalf ke Dol Guldur di Selatan, sedangkan Radagast disuruh Gandalf untuk mengirim pesan pada Lady Galadriel apa yang mereka temukan. Gandalf menemukan banyaknya Orc, yang kemudian ia diserang oleh Azog. Saat Gandalf berusaha melarikan diri, Necromancer muncul, dimana akhirnya Gandalf dan Necromancer itu bertarung dengan kekuatan sihirnya masing-masing. Necromancer mengalahkan Gandalf, yang akhirnya mengungkapkan jati diri yang sebenarnya sebagai Penguasa Kegelapan yaitu Sauron.

Sementara itu, Thorin bersama sisa kelompoknya berhasil sampai di Gunung Sunyi. Thorin nyaris putus asa dan turun kebawah karena menganggap kode yang diberikan untuk mengetahui posisi kunci pintu tidak ditemukan. Namun Bilbo berhasil memecahkan misteri kode tersebut. Bukan pada saat matahari tenggelam melainkan pada saat bulan muncul.

Para Kurcaci kembali ke atas dan Thorin menyuruh Bilbo untuk masuk mencari Arkenstone. Di lain sisi, di Kota Danau, Bard mengambil satu-satunya Panah Hitam yang ia simpan dan berencana untuk memasangnya ke busur diatas menara. Tapi ditengah ia ingin ke menara itu, prajurit Kota Danau melihat dirinya dan mengejarnya, sementara Panah Hitam ia berikan pada anaknya dan menyuruhnya untuk menjaganya. Akhirnya Bard ditangkap dan dijebloskan ke dalam penjara. Fili, Kili, Oin, Bofur dan putri Bard diserang oleh Bolg dan pasukannya, yang berhasil menyusup ke Kota Danau untuk mencari Thorin. Legolas dan Tauriel datang dan menyelamatkan mereka. Legolas mengejar Bolg, sementara Tauriel tetap di rumah Bard untuk menolong Kili.

Di dalam Gunung Sunyi, Bilbo dan para Kurcaci kini diserang oleh Smaug. Mereka mengelabui Naga itu ke tempat penempaan dan berusaha untuk membunuhnya dengan menenggelamkan Naga itu ke dalam cairan emas cair. Tapi itu tidak ada pengaruhnya (tidak mempan) bagi Smaug. Smaug muncul dari cairan emas itu kemudian terbang menerobos keluar menghantam dinding gunung itu yang berkeinginan untuk menghancurkan Kota Danau. Naga itu terbang menuju Kota Danau, dan Bilbo berpikir apa yang telah mereka perbuat. Mereka telah membuat Naga itu marah.

 
Review Film The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013)

Dibandingkan dengan film seri pertamanya maka film pertamanya lebih bagus dan lebih baik. Film keduanya ini kurang memiliki greget untuk membangun suasana mencapai sebuah tujuan. Tidak ada yang istimewa dan tidak punya inovasi baru yang ditampilkan disini. Sosok naga yang pada seri pertama seolah-olah disembunyikan dan dirahasiakan penampilannya membuat penulis menebak bahwa akan ada hal baru dalam tampilannya namun hal itu salah besar. Sosok naga muncul seperti halnya naga-naga dalam film lain.

Iringan musiknya ada yang kurang pas sehingga cukup mengganggu pada saat terjadi dialog para pemainnya. Dialog cukup banyak terjadi di awal film sehingga membuat bosan penonton, seharusnya action atau unsur komedinya ada untuk menghilangkan kebosanan itu.

Spesial efeknya biasa saja dan pertarungan serta perkelahiannya juga standard padahal seharusnya sebagai film kelima (termasuk Lord of the Rings) standardnya makin lebih tinggi lagi dari yang sebelumnya. Secara keseluruhan film ini kurang baik dan kurang ok serta kurang menunjukkan kelasnya. Film dengan durasi yang panjang yaitu kurang lebih 2 jam 40 menit seolah-olah tidak memberikan nilai tambah bagi penonton.

Yang cukup menarik adalah peran dari Evangeline Lilly walaupun sedikit munculnya tapi mampu membuat cerita lebih hidup. Demikian juga Luke Evans yang muncul hanya sebentar tetapi bisa memberikan warna dalam meningkatkan dramatisasi cerita.

Berikut Trailer Film The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013)



Advertisements