Pesawat AirAsia Mengalami Turbulensi Berat Saat Menuju Kuala Lumpur

Pesawat AirAsia yang melayani penerbangan ekstra dari Taipei, Tawain menuju Kuala Lumpur, Malaysia mengalami turbulensi berat, Kamis (4/5/2017), sehingga menyebabkan lima penumpangnya terluka.

Pesawat berjenis Airbus A330-300 mengangkut itu 291 penumpang dengan 11 orang kru. Berdasarkan foto-foto yang beredar, terlihat beberapa penumpang yang menjadi korban bahkan harus dibaringkan di atas kursi karena mengalami cedera. Beberapa bagian dari pesawat juga nampak retak akibat hantaman tersebut.

“Pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 pukul 4.30 sore. Lima penumpang yang terluka dirawat oleh paramedis di bandara saat mendarat,” kata keterangan resmi pihak Air Asia.

“Semua penumpang lain dihadiri oleh staf lapangan dan diberi bantuan yang diperlukan,” kata pernyataan tersebut.

The Star melaporkan ada video yang beredar menggambarkan situasi pesawat saat dilanda turbulensi. Dalam rekaman tersebut terlihat seorang kru terduduk di lantai sembari berpegangan ke troli makanan. Juga terdengar suara seorang wanita yang menangis sementara sejumlah suara lainnya terdengar berulang kali mengatakan, “jangan bergerak”.

Seorang perempuan juga terekam mengatakan, “Satu, dua, tiga, duduk… Tunggu, tunggu,” seakan sedang memindahkan seorang korban cedera akibat turbulensi.

“Apakah kamu baik-baik saja? Apakah aku menghimpit kamu?” kata seorang perempuan terdengar pada rekaman video yang mengisyaratkan tabrakan antara sesama penumpang akibat guncangan di dalam kabin.

Tampak pula seorang pramugari yang duduk di kursinya dan mengimbau para penumpang untuk tetap tenang. “Semua akan baik-baik saja,” ujar pramugari tersebut.

AirAsia X tidak menyebutkan sejauh mana luka-luka yang dialami korban. Juga tidak disebutkan apakah korban luka harus dirawat di rumah sakit.

Advertisements