Cak Budi Beli Fortuner dan Iphone 7 Menggunakan Dana Donasi

Aksi penggalangan dana (fundraising) dilakukan relawan bernama Cak Budi bersama istrinya bernama Lina sedang dirundung masalahnya.

Pasalnya, uang donasi dari para donatur yang digalang melalui program Kita Bisa (Kitabisa.com dan @kitabisacom) diduga disalahgunakan Cak Budi yang juga berperan sebagai campaigner.

Dari sekian terkumpul, ratusan juta rupiah di antaranya dipakai untuk membeli mobil mid-size SUV merek Toyota Fortuner dan smartphone Apple iPhone 7.

Cak Budi kemudian menjelaskan mengenai pembelian mobil Fortuner dan handphone iPhone 7 menggunakan uang Rp 1,2 miliar tersebut. Menurutnya, itu hanya untuk keperluan operasional.

Pada dasarnya, lanjut Cak Budi, uang Rp 1,2 miliar yang belum disalurkan itu akan digunakan membangun rumah singgah lansia yang belum punya tempat tinggal.

Namun netizen dan para donatur masih tak terima dengan tindakan Cak Budi. Banyak yang menganggap pria berambut cepak tersebut menyalahgunakan kepercayaan donatur. Menurut netizen dan donatur, operasional mobil dan ponsel tak perlu semewah itu.

Menurut netizen, seharusnya Cak Budi membuat rekening terpisah dan jika akan dialokasikan untuk membeli mobil juga sebaiknya di umumkan penggalangan dana tersebut bukan secara diam-diam membelinya.

Pada Selasa (2/5) besok, Cak Budi akan memposting rekening koran untuk transparansi lengkap penggunaan dana dari kegiatan Cak Budi. Saat ini postingan klarifikasi Cak Budi disukai 3,419 dan dikomentari 3,222 akun.

CMO Kitabisa.com, Vikra Ijas, menegaskan bahwa Cak Budi dan istrinya tidak menggunakan hasil penggalangan dana dari Kitabisa.com untuk membeli mobil dan telepon seluler.

Menurut Vikra, Cak Budi membeli barang-barang tersebut dengan donasi yang langsung ke rekening pribadi yang bersangkutan.

Kitabisa tidak memiliki akses untuk memonitor donasi yang masuk Rekening pribadi Cak Budi dan istri serta bagaimana dana tersebut disalurkan.

“Setiap Cak Budi melakukan pencairan dana yang terkumpul, Kitabisa.com secara rutin meminta update penyaluran dana. Update tersebut kemudian dilaporkan secara langsung kepada para donatur melalui kolom update di laman donasi terkait yang secara otomatis terkirim ke email seluruh donatur,” ujar Vikra dalam penjelasan resminya, Selasa (2/5/2017).

Dari catatan Kitabisa.com, Cak Budi telah mencairkan dana senilai Rp 200 juta dari total donasi terkumpul, dan telah disalurkan sesuai pelaporan di laman tersebut. Sisa donasi yang terkumpul akan disalurkan ke lembaga kemanusiaan global Aksi Cepat Tanggap.

Advertisements