Ahok Mengaku Tidak Tahu Soal Anies Cemberut

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sudah sempat bertemu dengan calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Banyak kalangan yang menilai, usai pertemuan itu, wajah Anies cemberut dan tak ada senyum.

Menanggapi hal itu, Ahok mengaku tidak terlalu memperhatikan bagaimana ekspresi Anies kala itu. Namun dalam pertemuan itu, dia menyampaikan mengenai bagaimana sistem penganggaran APBD DKI dengan menggunakan sistem elektronik budgeting (e-budgeting).

“Saya enggak tahu (Anies) cemberut atau enggak. Tapi saya sampikan e-budgeting itu sistem,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 26 April 2017.

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengungkapkan, Anies saat diberikan penjelasan mengenai hal tersebut tidak banyak merespons. Menurutnya, sistem yang telah dibangunnya itu akan percuma jika Anies tidak mau bersikap.

“Kalau enggak ada sistem e-budgeting, kamu juga susah. Tapi sistem e-budgeting juga engggak ada gunanya kalau takut ditekan,” ucap Ahok.

Dia mencontohkan soal kasus APBD DKI 2015. Saat itu, banyak kasus anggaran siluman yang diselipkan dan terbaca di sistem anggaran. Kalau saja Ahok lengah, dia mengaku akan mengikuti cara yang salah.

“Kalau saya takut dipecat pasti saya ikutin versi mereka. Bisa dimasukan semua ke e-budgeting. Semua belanja yang Rp12,1 triliun yang ada UPS dan USB itu,” terang Ahok.

Advertisements