Ini 5 Aplikasi yang Perlu Kamu Hapus dari Android Kamu

Di HP Android kamu, pasti terdapat banyak aplikasi yang saat ini terinstal. Namun, terlalu banyak aplikasi tentu akan membuat HP Android kamu jadi semakin lambat. Ada pula aplikasi yang memenuhi memori internal kamu dengan cache yang sangat banyak atau menyedot kuota data kamu dengan cepat sehingga pembelian pulsa menjadi boros.

Nah, kamu harus tahu inilah 5 jenis aplikasi Android yang wajib dihapus dari HP Android kamu.

1.Facebook

Facebook kian menjadi aplikasi populer dikalangan para penggila sosial media. Dengan hanya membuat akun dan menginstal apliaksi Facebook di smartphone, kamu sudah bisa terkoneksi dengan orang-orang kapanpun, di manapun dan sama siapapun.

Beberapa fitur dan notifikasi Facebook sudah tentu akan menyedot banyak kapasitas RAM smartphone kamu dan membuat boros pemakaian baterai, jadi dengan menghapus aplikasinya dari smartphone, hampir dari setengah peforma kerja bisa diamankan sehingga smartphone kamu bisa kembali bekerja dengan cepat.

Untuk membuka Facebook, gunakan saja browser yang ada di HP kamu. Atau sebagai alternatif, kamu bisa menginstal aplikasi Facebook Lite yang lebih ringan dan tidak memakan banyak memori.

2. Antivirus Gratis

Hampir semua Android terpasang aplikasi ini. Dengan alasan mereka takut jika HP Android mereka terserang virus yang bisa merusak sistem maupun pencurian data.

Tapi tahukah kalian? Antivirus di Android termasuk aplikasi paling boros dalam penggunaan baterai. Padahal, Sistem operasi pada HP Android sangat aman dan tidak gampang terkena virus.

Sebenarnya, smartphone Android dan Play Store di dalamnya bisa melakukan tugas-tugas aplikasi antivirus. Misalnya untuk perlindungan dari kehilangan, kamu tinggal menggunakan Android Device Manager tanpa perlu aplikasi tambahan.

3. Aplikasi Pembersih Sampah

Dengan menggunakan aplikasi ini,maka file-file sampah pada Android kamu akan terbersihkan. Contohnya adalah Clean Master,aplikasi ini mampu membersihkan file sampah beserta chace datanya. Akan lebih riskan jika aplikasi pembersih sampah bisa menghapus data sementara secara otomatis, akibatnya setiap kamu membuka aplikasi akan terasa lemot, lambat, lelet. Proses ini hampir sama dengan fitur “Jangan Simpan Aktivitas” yang ada pada menu developer (pengembang) di pengaturan ponsel.

Aplikasi ini cukup menguras baterai. Selain itu,pada aplikasi ini banyak iklan yang bergentayangan sehingga itu akan memakan data internet Kamu.

4. Aplikasi Widget Cuaca

Aplikasi widget cuaca, baik yang merupakan bawaan HP Android kamu, maupun yang kamu install sendiri sebaiknya dihapus saja. Sebab, aplikasi jenis ini sangat memberatkan HP Android kamu. Update cuaca yang berlangsung setiap saat membuat aplikasi ini berjalan terus-menerus tanpa kamu sadari. Jadi, lebih baik aplikasi semacam ini kamu uninstall atau disable saja.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan layanan Google di browser untuk mengetahui keadaan cuaca saat ini. Nyalakan saja fitur lokasi di HP Android kamu, atau jika kamu menggunakan WiFi, ketik saja “weather” di kolom pencarian Google. Cara ini sangat mudah dan praktis. Serta pastinya tidak menghabiskan kuota data, memori, dan baterai kamu.

5. Browser Bawaan

Aplikasi browser bawaan Android nyatanya dapat memakan kuota data internet yang cukup besar. Namun, Anda masih bisa mengakali hal tersebut dengan mengunduh aplikasi browser lainnya seperti Opera Mini.

Aplikasi ini memiliki fitur untuk meminimalisir penggunaan data internet pengguna ketika hendak mengunjungi situs tertentu.

Advertisements