Sekarang Instagram Bisa Diakses Offline Loh

Instagram terus melakukan inovasi demi kenyamanan penggunanya. Salah satunya ialah memberikan solusi kepada mereka yang terbatas dalam layanan internet. Karenanya, Instagram kini bisa diakses walau tanpa jaringan internet. Otomatis, pengguna bisa posting Instagram tanpa kuota.

Namun akses Instagram tanpa internet ini baru bisa dilakukan di platform Android. Untuk iOS kemungkinan beberapa bulan kedepan akan dirilis. Pengguna Instagram android kini dapat melihat profil yang sudah dibuka sebelumnya, termasuk unggahan yang sudah dimuat di tab Explore.

Informasi selanjutnya, dengan fitur baru tersebut bukan berarti pengguna bisa mengakses Instagram tanpa internet sama sekali. Artinya, sejumlah unggahan yang sudah dimuat akan disimpan lebih dulu sehingga dapat dilihat kembali kendati pengguna sedang offline.

Engineer dari Instagram bernama Henry mengatakan bahwa pengguna akan dapat melihat konten yang sebelumnya sudah diunduh datanya di Instagram Feed secara offline. Kemudian pengguna juga akan dapat meninggalkan komentar, memberi like, menyimpan media, serta men-unfollow orang-orang dalam keadaan offline.

Semua proses tersebut kemudian akan diteruskan ke Instagram saat pengguna sudah memiliki akses internet lagi. Profil yang sebelumnya sudah pernah dikunjungi juga akan tetap dapat dilihat serta versi lama dari tab explorer atau profil pengguna sendiri juga tetap akan dapat diakses dalam keadaan offline.

Menurut perwakilan Instagram, kemampuan penjajalan di kala offline menjadi penting untuk mendorong pertumbuhan Instagram di negara-negara berkembang. Selain ke Instagram, toleransi untuk pengguna di wilayah internet tak stabil juga diberlakukan ke Facebook dengan merilis Facebook Lite.

Layanan Facebook dalam versi lebih ringan dan hemat data tersebut diklaim sudah dinikmati lebih dari 200 juta pengguna. Angka itu diperoleh hanya dalam kurun waktu satu tahan pasca Facebook Lite dirilis.

Advertisements