Ini Cerita di Balik Nama Datsun

Datsun pertama kali diperkenalkan di Jepang dengan nama DAT-Go yang berarti “mobil DAT” pada 1914 silam. Kata Dat di sini bermakna “secepat sambaran petir” atau “secepat kilat” dalam bahasa Jepang.

Meski demikian, nama DAT ini juga sebenarnya adalah singkatan dari tiga orang penyokong usaha itu alias pendirinya yaitu Kenjiro Den, Rokuro Aoyama, dan Meitaro Takeuchi. Nama DAT diambil dari akronim nama keluarga ketiga orang tadi: Dat, Aoyama, Takeuchi.

Dalam perjalanannya, kata DAT itu juga kemudian diartikan lain dalam bahasa Inggris, yaitu Durable (memiliki ketahanan tinggi), Attractive (menarik), dan Trustworthy (dapat dipercaya).

Di tahun 1926 Kwaishinsha dan Jitsuyo Jidosha berkolaborasi menjadi “DAT Jidosha Seizo”. Baru pada tahun 1931 oleh DAT Jidosha Seizo untuk model baru mobil mereka dengan nama “Datson”. Selanjutnya pada 1932 DAT Jidosha Seizo memperkenalkan mobil “Datsun” pertama.

Setahun kemudian (1933), pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, kemudian mengambil alih usaha itu dengan visi “mobilitas untuk semua”. Rupanya ia ingin agar mobil yang diproduksinya itu dapat dirasakan manfaatnya oleh lebih banyak orang. Seiring dengan visinya tersebut, maka diperkenalkanlah mobil yang berbobot ringan, ekonomis, namun memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang pada awal 1930-an.

Dari target pasar itulah kemudian lahir nama “son of DAT” atau anak laki-laki DAT (DAT son) yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal kemudian mewujudkan impian pendirinya.

Pada 1958 Datsun mengekspansi pasar ke Amerika dan mengawali ekspor “Datsun 210” ke Negeri Paman Sam. Di tahun 60-an, nama Datsun cukup mengguncang pasar sportscar lewat produk 240Z.

Di Tanah Air, mobil-mobil Datsun turut mengisi pasar dengan produk sedan 120Y dan versi pick upnya, 620 di era 70-an. Sayangnya, di tahun 1984 merek Datsun dihapuskan setelah pihak prinsipal memilih merek Nissan sebagai brand global mereka.

Dan Nissan Motor Co., Ltd. Mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ke-tiga , bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012.

Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

Advertisements