Sinopsis Film Journey to the West 2 : The Demons Strike Back (2017)

Sinopsis Film Journey to the West 2 (2017) sebuah film dari Negara Cina yang bergenre petualangan, fantasy dan komedi.

Journey to the West Conquering the Demons (2013), merupakan sekuel dari film pertamanya yang telah tayang pada tahun 2013. Film itu disutradari Stephen Chow, Stephen Chow dikenal lewat filmnya berjudul ‘Shaolin Soccer’ dan ‘Kung Fu Hustle’ dan oleh pers Hongkong, dirinya dijuluki sebagai raja komedi. Kali ini, Chow tak lagi menjadi sutradara, melainkan hanya menulis naskah saja. Tsui Hark lah yang dipercaya untuk menjadi sutradara film kedua ini.

Jajaran pemain pun mengalami bongkar pasang, bintang bintang muda yang tengah naik daun didapuk menjadi cast utama, Kris Wu jebolan grup EXO yang karirnya tengah bersinar di dua tahun belakangan film filmnya banyak beredar seperti Somewhere Only We Know, Sweet Sixteen, Never Gone dan Mr Six disini ia berperan sebagai biksu Tang/Tong

Pemeran Wu Kong diserahkan pada Kenny Lin aktor Sword Master yang sebelumnya telah bekerja sama dengan Tsui Hark lewat The Taking Of Tiger Mountain, tiga pemain wanita Lin Yun si duyung pemegang rekor film terlaris sepanjang masa The Mermaid (lagi lagi film disutradarai Stephen Chow), Wang Li Kun pernah menjadi pasangan Kris Wu dalam Somewhere Only We Know dan Yao Chen si koki kocak film Monster Hunt, mendukung Aaron Kwok Di MBA Partners, menjadi kekasih Mark Chao di Chronicle Of Ghosly Tribe ditambah pemain pemain lain Bao Bei Er,Mangke Bateer dan lain lain

Film Journey To The West 2, kisahnya menceritakan seorang biksu bernama Tan yang melakukan perjalanan menuju Barat ditemani dengan tiga orang muridnya.

Disamping mencari kitab suci, mereka juga memiliki kerja sampingan sebagai pembasmi iblis. Berbagai bentuk iblis dan siluman yang ditemui selama perjalanan telah mereka taklukkan.

Di tengah perjalanan, terjadi sedikit percik-percik pertikaian yang membuat hubungan guru dengan ketiga muridnya ini menjadi renggang. Bahkan sempat muncul wacana mereka ingin menghabisi guru mereka sendiri. Namun mereka tetap memiliki rasa hormat dan juga memiliki untuk menjaga gurunya dari berbagai rintangan dan gangguan dari iblis sepanjang perjalanan mereka mencari kitab suci.

Keesokan paginya Tang pergi untuk mencari air untuk sarapan mereka dan menemukan sebuah rumah. Tuan rumahnya seorang wanita cantik dengan pakaian luar biasa (Wang Likun), menyambut mereka semua untuk sarapan pagi. Seperti yang dilihat Sun Wukong melalui penyamaran mereka sebagai siluman laba-laba, dia sengaja memprovokasi mereka, dia dan yang lainnya menunjukkan bentuk sejati mereka, Wu Kong kera sakti dan para wanita itu sebagai laba-laba raksasa.

Selama pertempuran mereka, siluman berkumpul untuk membentuk satu laba-laba besar. Sha Wujing jatuh sakit dan perlahan membungkuk menjadi makhluk mirip ikan setelah menyerap racun laba-laba itu. Wu Kong mengalahkan laba-laba, tapi sebelum dia bisa membunuhnya, Tang mencegah Wu Kong untuk mengusirnya tapi Sun Wukong menghancurkan kepala siluman itu dengan satu pukulan.

Tang kembali kesal pada ketidaktaatan Wu Kong dan mencambuknya lagi malam itu. Belakangan malam itu, Sun Wukong yang marah membahas dengan yang lain rencananya untuk membunuh Tang, tapi yang lainnya takut pada kekuatan Telapak Buddha yang dimiliki Tang. Tang tidak sengaja mendengar ini dan berdoa kepada Buddha untuk membantunya, dan juga mengakui bahwa sebenarnya dia tidak tahu memiliki kekuatan Telapak Buddha. Zhu Bajie tidak sengaja mendengar ini dan memberitahu Wu kong, yang menantang Tang untuk bertengkar. Namun saat dia hendak menyerang, sinar terang yang menyilaukan bersinar dari langit dan membalas Wu kong.

Keesokan harinya, mereka masuk ke ibu kota Kerajaan Biqiu, dan seorang pendeta (Yao Chen) keluar untuk menyambut mereka dan membawa mereka menemui Raja, seorang pria yang belum dewasa dan seperti anak kecil yang suka bermain. Dia memerintahkan Tang untuk tampil kebolehannya untuknya tapi dia tidak punya apa-apa untuk dipamerkan. Wu Kong dengan demikian menempelkan sebuah “stiker ketaatan” pada Tang sehingga Tang dapat menyalin tindakannya dan melakukan akrobat untuk sang Raja. Namun, dia mengerjai Tang dan Tang akhirnya menampar sang Raja karena salinan dari gerakan Wu Kong.

Raja mengusir mereka keluar tapi Tang memerintah Wu Kong untuk kembali dan meminta maaf. Wu Kong sengaja memprovokasi Raja dengan menamparnya terus menerus untuk mengungkapkan wujudnya sebagai siluman karena Wu Kong bisa melihatnya, si Red Boy. Mereka bertarung dan Sun Wukong mengalahkan Red Boy, juga membebaskan Raja Biqiu (Bao Bei’er) dari kurungannya di bawah singgasana.

Sebagai ucapan terima kasih raja dan Taoist memberi hadiah berupa 300 wanita untuk Biksu Tang yang tentu saja ditolaknya. Kemudian, Raja mempersembahkan mereka dengan seorang gadis cantik, Felicity (Lin Yun), untuk menemani mereka dalam perjalanan mereka. Sewaktu menyaksikan tarian Felicity untuk mereka, Tang teringat akan kekasih almarhumnya, Ms Duan (Shu Qi).

Kelompok tersebut berangkat dan dalam perjalanan, Sun Wukong menyadari bahwa Felicity sebenarnya adalah siluman. Namun, Tang tidak mempercayainya, jadi mereka berangkat untuk mengunjungi kampung asal Felicity. Karena siluman seharusnya tidak memiliki keluarga. Wu Kong menjadi marah karena Tang tidak percaya padanya dan malam itu dia menghancurkan seluruh desa, membunuh semua orang.

Tang menghentikannya untuk membunuh Felicity, Tang mengungkit almarhum kekasihnya yang juga dibunuh Wu Kong, ia tidak mau kekasih barunya Felicity diperlakukan sama dengan Almarhum Duan, selanjutnya karena tersulut emosi membuat Wu Kong yang menyerang Tang, namun Felicity akhirnya mengakui bahwa dia sebenarnya adalah Siluman Tengkorak, dan bahwa seluruh desa adalah ilusi yang disulut olehnya. Wu Kong semakin menyala dan berubah menjadi gorila raksasa dan memakan Tang. Pada saat itu, menteri dan Red Boy tiba dan melihat bahwa Monyet telah jatuh karena tipuan dan jebakan mereka yang memberikan Felicity dengan rencana tersembunyi.

Mereka sengaja mengirim Felicity kepada mereka untuk menyebabkan perselisihan antara Tang dan Wu Kong, jadi Wu Kong akan membunuh gurunya. Namun, Wu Kong memuntahkan Tang keluar, karena mereka sebenarnya telah mengetahui hal ini selama ini, namun sengaja bermain dengannya seolah mereka benar-benar masuk jebakan, sehingga menteri tersebut itu bisa merubah ke wujud aslinya.

Mereka bertempur dan menteri menbuat ilusi para Buddha di sekeliling Wu Kong, menggunakannya untuk melawan Wukong dan Tang. Namun Buddha yang sebenarnya menggunakan telapak tangannya yang raksasa untuk menghancurkan para Buddha yang palsu; Dan mengungkapkan identitas sebenarnya Menteri sebagai Burung Emas Abadi.

Setelah pertempuran selesai, Tang kembali bertemu Felicity. Dia tidak memiliki pilihan kecuali membebaskan jiwanya karena terlalu banyak siluman dalam dirinya. Ketika Felicity bertanya pada Tang apakah dia mencintainya, Tang menjawab bahwa dia hanya memiliki satu orang di dalam hatinya, Mrs. Duan.

Rasa permusuhan antara Tang dan Wu Kong akhirnya hilang, Sha Wujing menyulut racunnya dan kembali ke bentuk tubuhnya, dan mereka dan Zhu Bajie melanjutkan perjalanan mereka ke Barat melalui padang pasir.

Review Film Journey to the West 2 : The Demons Strike Back (2017)

Film garapan Steven Chow ini dikemas dengan cerita yang begitu membingungkan. Bukan karena dibingungkan dengan jalan ceritanya yang susah dicerna penonton, melainkan membingungkan karena entah apa yang sebenarnya menjadi penekanan atau konflik cerita dalam film ini. Cerita berjalan kesana kemari dengan benang merah yang seakan dipaksakan. Efek kejutan pun coba dihadirkan jelang akhir cerita, sayangnya dapat dikatakan gagal.

Dalam film berdurasi 1 jam 49 menit ini, terlihat dua unsur yang dikedepankan. Animasi CGI yang hadir sepanjang film, serta unsur komedi yang mewarnai mulai dari awal hingga akhir cerita. Sayangnya animasi yang dikemas begitu berlebihan, serta unsur komedi yang memang cukup mengundang tawa, namun ada beberapa yang lagi-lagi terkesan dipaksakan.

Meski tak jelas kemana ujung perjalanan tersebut, rasanya film Journey to The West: The Demons Strike Back tetap bisa menjadi alternatif tontonan menyaksikan kisah perjalanan sang biksu dengan murid-muridnya dalam mencari kitab suci.

Berikut trailer film Film Journey to the West 2 : The Demons Strike Back (2017)


Advertisements