9 Manfaat Luar Biasa Dari Makan Telur Setiap Hari

Di masa lalu kebanyakan orang menganggap mengonsumsi banyak telur akan menyababkan kolesterol. Padahal, ketika mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, organ hati akan menyesuaikan diri dengan mengurangi produksi sendiri kolesterol. Maka anggapan telur memicu naiknya kolesterol adalah salah.

Justru telur layak mendapatkan porsi khusus dalam menu harian karena gizinya yang tinggi. Kandungan protein dalam telur bahkan kerap dijadikan pembanding kadar protein pada makanan lainnya, selain susu. Untuk mendapat manfaatnya, konsumsi telur rutin dalam seminggu akan membuat tubuh kita jadi lebih sehat.

Mau tahu keajaiban lainnya dari konsumsi telur? Inilah hal menakjubkan yang akan terjadi pada tubuhmu jika konsumsi telur setiap hari.

1. Tubuh Mendapatkan Banyak Nutrisi

Karena telur mengandung berbagai zat nutrisi yang digunakan oleh calon anak ayam untuk pertumbuhannya saat masih berada di dalam cangkang telur. Satu butir telur mengandung Vitamin A, Folate, Vitamin B5, Vitamin B12, Vitamin B2, Fosfor, dan Selenium. Selain itu, telur juga mengandung vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, Kalsium, dan seng. Makan satu butir telur maka kebutuhan kalori Anda tercukupi 77 Kal, protein 6 gram, dan lemak 5 gram. Telur juga diperkaya dengan Omega-3 lho. Nah, betapa banyaknya kandungan nutrisi yang ada dalam satu butir telur kan?

2. Menaikkan Level HDL

HDL adalah singkatan dari High Density Lipoprotein, atau lebih sering dikenal dengan kolesterol “baik”.

Orang yang memiliki tingkat HDL lebih tinggi berarti menurunkan resiko penyakit jantung, stroke, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Mengkonsumsi telur merupakan salah satu cara meningkatkan HDL dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, mengkonsumsi 2 telur setiap hari selama 6 minggu mampu meningkatkan HDL sebesar 10%.

3. Meningkatkan Daya Ingat dan Kinerja Otak

Mengkonsumsi telur rebus setiap harinya memberikan dampak yang baik dalam jangka panjang bagi kesehatan otak. Sehingga telur rebus baik untuk perkembangan otak dan fungsi memori karena ada senyawa bernama choline didalamnya.

4. Menyehatkan Mata.

Ada beberapa nutrisi yang dapat membantu mencegah gangguan pengelihatan pada mata. Dua nutrisi tersebut adalah Lutein dan Zeaxanthin, zat tersebut adalah zat antioksidan yang sangat powerfull untuk mengutakan retina mata. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung 2 nutrisi tersebut dapat mengurangi resiko terkena katarak dan penyakit mata makular degenerasi.

Telur juga banyak mengandung vitamin A yang tinggi. Jika Anda kekurangan vitamin A maka pengelihatan Anda akan terganggu.

5. Tulang Jadi Kuat

Telur merupakan satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D. Vitamin ini sangat dibutuhkan karena fungsinya untuk membantu penyerapan kalsium serta mendukung kesehatan tulang. Karenanya, telur juga penting dalam mencegah osteoporosis, tentu jika dikombinasikan bersama dengan berbagai sumber kalsium lainnya.

6. Turunkan Berat Badan

Mengkonsumsi telur bisa membuat anda merasa kenyang, karena kandungan protein tinggi di dalamnya.

Telur memiliki tingkat satiety index yang tinggi. Satiety index adalah ukuran untuk mengetahui apakah sebuah makanan bisa memberikan ‘rasa kenyang’ tanpa menambah lebih banyak kalori ke dalam tubuh.

7. Cegah Risiko Stroke

Di era modern sekarang ini banyak penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungannya makan telur dengan penyakit jantung atau stroke. Namun, bagi orang yang menderita diabetes, penelitian menunjukkan bahwa resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi bagi penderita diabetes yang mengkonsumsi telur.

8. Memberikan nutrisi untuk awet muda

Agar kulit tidak cepat keriput, wanita membutuhkan asupan protein 45g/hari, sementara pria butuh 55g/hari. Karena telur ayam berukuran sedang mengandung sekitar 8g protein, maka 2 butir telur sudah memenuhi lebih dari sepertiga dari kebutuhan protein pada wanita atau hampir sepertiga kebutuhan protein pada pria

9. Kaya Asam Amino

Telur mengandung semua asam amino esensial yang tepat. Hal ini memungkinkan tubuh kita untuk mengolah penggunaan protein di dalamnya.

Advertisements