Ini 10 Youtubers Indonesia Dengan Penghasilan Terbanyak

Anda pasti sudah sangat familiar dengan situs yang satu ini youtube.com. YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) paling populer saat ini. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri yang diupload ke situs youtube.com dimana hampir 80 pesen penduduk dunia telah mengunakan layanan YouTube ini.

Di Indonesia, di tengah klaim tidak mendidiknya tayangan sinetron dan hiburan di layar kaca, YouTube mulai dikenal sebagai platform alternatif tontonan, terutama bagi kalangan anak muda. YouTube dengan 1 miliar unique users setiap bulannya, begitu kaya akan konten, di mana 100 jam durasi video terunggah setiap jamnya. YouTube punya jutaan kreator tersebar di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Situs berbagi video ini memang akan membayar penggunanya jika ada pihak ketiga yang memasang iklan pada channel milik user. Tidak heran jika sekarang semakin banyak netizen yang menggunakan Youtube untuk mendulang rupiah. Berikut 10 Youtubers Indonesia dengan penghasilan terbanyak.

10. Bayu Skak

Jika anda seorang penggemar youtube pasti sudah tidak asing lagi dengan youtuber yang satu ini, yaitu Bayu Skak. Aksinya yang kocak abis dan logat bahasa khas Malangnya yang membuat orang yang melihat aksinya dapat membuat perut mulas karena tertawa terpingkal-pingkal.

Aksinya yang kocak dengan logat bahasa khas Malang mampu mendatangkan lebih dari 600 ribu subscribers (pelanggan) pada kanal YouTube miliknya, hingga bulan September 2016 lalu. Dengan jumlah penayangan video lebih 71 juta kali, Bayu Skak diperkirakan mendapat sekitar Rp 6 juta per bulan. Video-video karyanya memang mampu membuat orang tertawa sampai terpingkal-pingkal. Kini, dia pun juga sudah mulai membintangi beberapa judul film.

9. Eka Gustinawa

Sebelum terkenal seperti saat ini, Eka Gustiwana sebenarnya telah berkarir sebagai penulis lagu. Lewat video aransemen musik yang diambil dari rekaman berita Arya Wiguna-Demi Tuhan, talenta bermusik Eka Gustiwana berhasil mencuri perhatian masyarakat luas. Video tersebut berhasil meraih lebih dari 5 juta penonton sejak diunggah bulan Maret 2013. Kreativitasnya mengubah rekaman perkataan atau ucapan seseorang menjadi suatu komposisi musik membuat videonya selalu menarik untuk ditonton.

Jumlah subscribers kanal YouTube milik Eka Gustiwana mencapai 566 ribu, dengan jumlah penayangan video hingga 73,5 juta kali, sampai bulan September 2016 lalu. Salah satu video aransemen musik karyanya, yang diambil dari rekaman berita Arya Wiguna-Demi Tuhan, sukses meraih lebih 5 juta penonton sejak diunggah bulan Maret 2013. Penghasilannya dari YouTube pun diperkirakan mencapai Rp 10 juta per bulan, bahkan bisa lebih pada saat ini.

8. Andovi dan Jovial



Selanjutnya ada duo Andovi dan Jovial alias Ka Jo yang bersama – sama membangun sebuah akun YouTube terkenal yaitu skinnyindonesia24. Mereka berdua membuat video yang berisikan tingkah atau keseharian masyarakat terutama anak muda. Berbagai bahasan mereka kemas menjadi sebuah video berdurasi tidak lebih dari 5 menit. Dengan ucapan yang mudah dipahami, setiap video yang mereka ciptakan mampu menarik perhatian orang untuk melihatnya. Makanya kanal YouTube mereka diikuti 687 ribu pelanggan dengan jumlah penayangan 55,2 juta kali, dan penghasilan sekitar Rp 13 juta setiap bulan.

Saat ini, dua bersaudara ini sedang disibukkan dengan banyak kegiatan syuting film. Selain itu, mereka berdua juga sedang berusaha untuk melebarkan sayap karirnya di luar negeri (go international).

7. Arief Muhammad

Arief Muhammad merupakan seorang selebriti Twitter dan penulis buku jenaka. Dia adalah pemilik akun Twitter Poconggg yang dulu pernah fenomenal. Buku pertamanya yang berjudul Poconggg Juga Pocong pernah masuk kategori best seller. Sekarang Dia juga menjadi seorang YouTuber yang dimana, isi dari channelnya tersebut berisi tentang daily vlog atau vlog tentang keseharian dirinya yang sangat menarik untuk diikuti.

Kanal YouTube-nya itu pun berhasil menarik 373 ribu subscribers dengan jumlah penayangan 38,5 juta sampai bulan September 2016. Penghasilannya diperkirakan Rp 15 juta per bulan.

6. Chandra Liow

Chandra Timothy Liow atau lebih dikenal dengan panggilan Chandra Liow adalah seorang YouTuber asal Jakarta. Chandra memiliki hobi membuat video pendek yang diunggah di YouTube. Meskipun awalnya dia berkecimpung di YouTube namun dia mendapatkan terlebih dahulu kepopulerannya lewat Instagram. Lalu beberapa waktu kemudian dia kembali lagi berkarir di YouTube.

YouTuber asal Jakarta ini punya hobi membuat video pendek yang menarik untuk disaksikan oleh banyak netizen. Makanya, kanal YouTube milik Chandra Liow dengan akun ‘Tim2one’ diikuti oleh 717 ribu subscribers dan ditonton hingga 103,7 juta kali sampai bulan September 2016 lalu. Penghasilannya pun diperkirakan bisa mencapai Rp 26 juta per bulan.

5. Last Day Production

LASTDAY Production (biasa disingkat LDP) adalah sekelompok anak muda asal Jakarta yang mengungah video-video sketsa tentang pergaulan anak muda. Dalam channelnya, mereka mengupas banyak sekali fenomena pergaulan anak muda dalam kemasan sketsa parodi yang lucu dan unik. Selain sketsa dan parodi, LDP juga kerap memberikan tips-tips untuk menjalani kehidupan sosial ala anak Jakarta.

Berkat video-video tersebut, kanal YouTube dengan 686 ribu subscribers dan tayang 166,2 juta kali itu pun bisa menghasilkan Rp 33 juta per bulan.

4. Edho Zell

Meskipun tidak berada di urutan pertama, Edho Zell ini bisa disebut sebagai raja YouTuber di Indonesia. Hampir semua YouTubers asal Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan seorang pemuda tua berwajah imut asal jakarta ini. Kelakuannya di media memang cukup menarik perhatian banyak orang, dengan bermodalkan kepiawaiannya mengolah berbagai macam parodi yang membuat orang suka bahkan geli melihatnya.

Kanal YouTube-nya yang memiliki 905 ribu subscribers dan kini sudah tayang hingga 200,2 juta kali sejak tahun 2010 itu dapat menghasilkan Rp 36 juta per bulan. Edho Zell memulai karirnya di YouTube sekitar tahun 2010an. Ketika itu Edho Zell tertarik dengan kepopuleran Sinta dan Jojo yang saat itu mendadak terkenal karena video lipsing lagu Keong Racun yang mereka upload di YouTube.

3. Raditya Dika

Dalam daftar 10 YouTubers Indonesia dengan penghasilan terbanyak ini, kanal milik Raditya Dika memang menjadi akun dengan pengikut paling banyak, yakni lebih 2 juta subscribers dengan jumlah penayangan video hingga 172,9 juta kali. Namun, kalau bicara soal perkiraan penghasilan, pria yang juga dikenal sebagai standup comedian, penulis, aktor dan sutradara ini masih kalah dari yang lain. Akun YouTube-nya hanya bisa menghasilkan Rp 36 juta per bulan.

2. Reza Oktovian

Reza Oktovian atau yang biasa dipanggil dengan sebutan Reza Arap adalah seorang YouTuber Gaming nomor satu di Indonesia. Dia memulai karir di YouTube sebagai salah satu anggota dari Happy Holiday Indonesia yang pernah populer sebagai YouTuber di tahun 2012an. Setelah Happy Holiday Indonesia bubar, dia melanjutkan karir di YouTube sebagai seorang YouTuber Gaming.

Setelah memutuskan bersolo karir, akun YouTube pribadinya mampu menarik 783 ribu subscribers dengan penayangan video 133,8 juta, dan penghasilan Rp 39 juta per bulan. Meskipun seringkali dalam videonya dia berkata dengan perkataan yang kurang layak untuk didengar anak-anak, namun dia tetap disukai banyak orang.

1. Lifia Niala

Nama Lifia dan Niala mungkin masih asing terdengar di telinga Kita, tapi siapa sangka bahwa dua gadis cilik ini merupakan dua orang YouTubers Indonesia yang memiliki jumlah penayangan video dan penghasilan paling tinggi di Indonesia. Channel Lifia Niala berisi tentang bermacam-macam kegiatan bermain sambil belajar Mereka yang dikemas sedemikian menarik hingga cocok dan aman untuk disaksikan oleh para anak-anak dan para orang tua. Mereka pun jadi YouTubers Indonesia dengan jumlah penayangan video terbanyak mencapai 565 juta kali, dan penghasilan tertinggi sebesar Rp 53 juta per bulan. Sedang jumlah pengikut akunnya 464 ribu subscribers hingga bulan September 2016.

Advertisements