Yuk Jauhkan Pikiran Negatif Seperti yang Dianjurkan Psikolog Ini

Memiliki pikiran negatif terlalu banyak bisa menghambat diri untuk maju dan melakukan hal baik. Seorang psikolog dari University of North Carolina bernama Dr. Barbara Fredrickson menyarankan beberapa cara mudah untuk membuang pikiran negatif tersebut serta melatih diri untuk banyak berpikir positif.

Cara pertama adalah menemukan ‘momen mikro positivitas’ yakni kebahagiaan kecil setiap hari. Misalnya dengan berbuat baik terhadap orang lain, yang secara psikologis akan memicu diri untuk ikut tertular pada kebahagiaan orang yang kita bahagiakan.

Untuk mereka yang ingin melatih diri agar bisa menghilangkan pikiran negatif, berikut ini beberapa cara yang direkomendasikan Dr. Fredrickson.

Bersosialisasi

Memiliki hubungan sosial yang baik pun dapat mengembangkan sisi positif dalam diri. Cobalah berkawan dengan orang baik, maka energi positifnya bisa Anda serap. Atau mulailah untuk menyapa keluarga dengan ramah dan lembut.

Menetapkan tujuan yang dapat dicapai

Semua orang memiliki ambisi dan tujuan hidup. Semakin tinggi, semakin baik. Tetapi jika hal ini justru menjadi penyebab utama depresi dan pikiran negatif yang konstan, alangkah baiknya kita menetapkan ambisi-ambisi yang benar-benar bisa dicapai.

Menerima diri sendiri

Tuhan memberikan diri Anda seperti apa adanya itu, maka syukurilah. Jangan menyesali kelemahan diri, namun berusahalah untuk meningkatkan kemampuan di sisi lain. Pasti ada kelebihan yang Anda miliki, dan bisa dimaksimalkan.

Ikhlas

Belajarlah untuk ikhlas dan rela dengan hal-hal yang tak sesuai keinginan. Keinginan Anda tentu tak harus diperoleh semuanya bukan? Ada ketentuan Tuhan yang harus Anda terima dengan lapang dada, dan pasti terbaik untuk Anda.

Belajar sesuatu yang baru

Entah itu jenis keterampilan, olahraga, bahasa, alat musik, atau permainan baru, mempelajari sesuatu yang baru akan memberikan kepuasan atas sebuah pencapaian. Pada akhirnya, hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi kecenderungan kita untuk berpikir negatif.

Jadikan ketidakberuntungan kita sebagai pembelajaran

Daripada membiarkan kehilangan, stres, kegagalan atau trauma menguasai, sedikit demi sedikit kita bisa mengubahnya sebagai bahan pembelajaran dan batu loncatan untuk meraih hari esok yang lebih baik. Memang tak mudah dilakukan, tetapi bukan tidak mungkin.

Menghargai dunia di sekitar kita

Ada banyak anugerah kecil yang bisa kita syukuri setiap hari. Entah itu kesehatan yang baik, udara segar di pagi hari, atau sarapan yang membuat kita merasa berenergi. Meskipun terlihat sepele, mensyukuri hal-hal kecil ini akan membuat kita terbiasa untuk melihat sisi positif dalam situasi terburuk sekalipun.

Advertisements