10 Fakta Menarik Dari Film Kartun SpongeBob Squarepants

“Are you ready kids? Aye aye captain. I can’t hear you.. Aye aye captain.. Who lives in a pineapple under the sea.. Spongebob Squarepants..” Kalau mendengar potongan lagu tersebut pasti bikin kita langsung berkumpul di depan tv untuk siap – siap menyaksikan film kartun yang satu ini. Yap, Spongebob Squarepants memang kartun jenaka yang lucu, kocak dan sukses bikin penontonnya tertawa terbahak – bahak karena karakter dan jalan ceritanya yang tidak membosankan. Film kartun ini cocok banget ditonton untuk me-refresh pikiran kamu yang mungkin mumet karena aktivitas seharian.

Tapi saat ini kartun tersebut tidak ditayangan oleh televisi swasta dikarenakan pihak KPI menyabut ijin tayang Film Kartun Spongebob yang banyak diminati oleh anak-anak dan orang dewasa juga.

Jika di pikir daripada KPI menyabut ijin tayang film kartun spongebob alangkah lebih baik lagi jika KPI menyabut ijin Sinetron Alay yang kini banyak tayang di beberapa stasiun televisi swasta, karena memang memberikan dampak yang negatif ketimbang positif nya.

Walaupun Film Kartun Spongebob tidak bisa lagi di tayangkan di stasiun televisi nasional, Spongebob Squarepants sebetulnya sudah ditayangkan di Amerika Serikat sejak tahun 1999 lho! Kira – kira fakta seru apa lagi ya yang ada dibalik film kartun ini? Langsung aja kita cari tahu yuk

1. Nama asli Spongebob

Karakter utama dalam kartun ini yang biasa kita sebut dengan panggilan Spongebob, sebenarnya memiliki nama asli yaitu Spongeboy. Tapi, sayangnya nama tersebut sudah menjadi nama merek kain pel dan secara legal sudah dimiliki dan tidak bisa digunakan lagi. Untuk itu, penciptanya mengubah nama menjadi ‘Bob’ namun, untuk menjaga agar orang tidak mengira Spongebob adalah sekotak keju karena bentuk dan warnanya yang menyerupai keju, pencipta Spongebob tetap mempertahankan sebutan ‘Sponge’ di depannya. Maka, jadilah sekarang kita menyebut karakter berbentuk sponge ini dengan panggilan Spongebob.

2. The Krusty Krab

Tahu Mr Krabs kan? Ceritanya, setelah perang, Mr. Krabs mengalami depresi berat. Kemudian dia membeli sebuah rumah jompo, The Krusty Krab. Lewat kerja keras dan segala usaha, Krusty Krab pulih kembali dan menjadi toko burger paling populer di bawah laut.

3. Dibalik 7 Karakter Utama Spongebob Squarepants

Selain Spongebob, kita begitu mengenal sosok teman-teman Spongebob sendiri yaitu, Patrick, Sandy, Squidward, Gary, Mr. Krabs, dan Plankton. Namun, tahukah kamu kalau masing-masing karakter tersebut ternyata merupakan cerminan dari sifat buruk manusia?

Seperti Spongebob yang ambisius serta penuh nafsu, Patrick dengan kemalasannya, Sandy yang penuh kesombongan, Squidward si pemarah, Gary yang sangat pelit, Mr. Krabs dengan keserakahannya, dan Plankton yang sangat iri hati. Sadar atau tidak, itulah yang sebenarnya terjadi.

3. Mr. Krabs

Menurut episode “Sleepy Time”: Usia Mr Krabs
adalah 62 tahun Nomor SIM-nya: A5265661 Tanggal
lahir: 30 November 1942 Alamat: 3541 Anchor Way,
Bikini Bottom Dia punya binatang peliharaan bernama
Mr Doodles

4. Umur Spongebob

Apa ada yg tahu sebenarnya berapa umur si Spongebob ini? Mungkin beberapa dari kalian ada yang penasaran dan menebak – nebak umur asli karakter berwarna kuning ini. Buat kamu yang mungkin mengikuti setiap episode film kartun ini dan tidak pernah ketinggalan satu pun, mungkin masih mengingat episode “Sleepy time” dan “No Free Rides”. Dalam dua episode tersebut, Spongebob sempat menunjukkan Surat Izin Mengemudinya, dimana disitu tertera tanggal lahir nya yaitu, 14 Juli 1986 kalau begitu, umur Spongebob saat ini adalah menjelang umur 30-an. Siapa yang tebakannya benar? Hehe.

5. Squidward adalah Seekor Gurita Langka

Tentu kalian mengenal betul sosok tetangga yang tidak menyukai kehadiran Spongebob dan Patrick dalam serial ini, ia adalah Squidward. Faktanya, Squidward merupakan seekor gurita, bukan cumi-cumi seperti namanya (squid). Ia merupakan gurita yang langka, karena ia hanya memiliki enam tentacles saja, tidak seperti gurita pada umumnya yakni delapan tentacles. Hal ini didasari karena sang pembuatnya berpikir jika karakter tersebut memiliki delapan tentacles akan membuatnya tampak terlihat terlalu terbebani.

6. Rumah Spongebob

SpongeBob tinggal di rumah nanas karena Nanas adalah motif yang biasa digunakan dalam Kerajinan Polynesian, Stephen Hillenburg juga merasa kalau SpongeBob bakal suka bau dari rumah nanasnya. Jika dipikirikan lagi masih terasa aneh di dasar lautan bisa tumbuh nanas.

7. Spongebob dan Patrick tidak bisa berenang

Jika dipikir-pikir padahal mereka tinggal di dasar lautan, tapi pada kenyataannya dalam kartun tersebut pemeran utamanya yaitu spongbob dan seorang sahabat sejatinya patrick tidak bisa berenang

8. Penggagas Spongebob

Penggagas Spongebob, Stephen Hillenberg, pernah mendalami studi sumber daya kelautan di Universitas Humboldt, California. Hillenberg juga pernah mengajar biologi kelautan di Orange County Marine Institute, California, dan kemudian mengambil program master dalam animasi eksperimental di Institut Seni California. Pengalaman dan hobi itulah yang kemudian melahirkan kartun SpongeBob SquarePants pada tahun 1996.

9. Bikini Bottom

Ternyata tempat tinggal Spongebob dan teman – teman yang dinamakan Bikini Bottom itu bukan sekedar tempat fiksi semata lho. Tapi, memang tempat tersebut benar – benar eksis alias ada di dunia nyata. Tempat tersebut dinamakan Bikini Atoll yang dijadikan sebagai tempat percobaan senjata nuklir oleh Amerika Serikat. Karena alasan itu juga lah semua makhluk yang tinggal di Bikini Bottom dalam Spongebob Squarepants agak konyol dan juga jenaka.

10. Presiden Obama penggemar Spongebob

Salah satu fakta yang agak mengejutkan adalah ternyata orang nomor satu di Amerika Serikat, Presiden Obama merupakan salah satu penggemar Spongebob lho! Beliau sempat mengaku kepada salah satu stasiun televisi yaitu TV Guide pada tahun 2007 bahwa ia sering menonton kartun Spongebob bersama putri – putrinya. Wah, gak disangka – sangka ya

Pada dasarnya film kartun itu hanya sebuah bentuk imajinasi seseorang dalam menciptakan ide cerita agar menjadi lebih menarik dan ciri khas dari film kartun itu sendiri, walaupun terkadang aneh tapi tetap menarik untuk di tonton.

Itulah Fakta-fakta Seputar Film SpongeBob Squarepants

Advertisements