Ini Perbedaan Mouse Optik dan Laser, Kamu Pilih yang Mana?

Untuk bisa mengendalikan komputer dengan baik, salah satunya tentu saja kita membutuhkan mouse. Bahkan karena begitu pentingnya mouse, saat ini dipasaran sangat banyak pilihan jenis mouse yang tersedia.

Meski pilihan jenis mouse ada banyak, kalau dilihat dari segi sensor hanya ada dua jenis. Yaitu jenis optik dan laser. Apakah kamu tahu perbedaan mouse optik dan laser? Kalau belum tahu, yuk simak pembahasan berikut!

 
Sumber Penerangan adalah Perbedaan Antara Mouse Optikal dan Laser

Mouse optikal dan laser berbeda dari jenis teknologi yang mereka gunakan untuk gerakan trackingnya. Mouse optik menggunakan cahaya LED sebagai sumber penerangan, sementara mouse laser menggunakan laser untuk penerangan. Keduanya menggunakan sensor CMOS, kamera video resolusi rendah seperti di smartphone kita, untuk mengambil foto dari permukaan itu dan digunakan mereka untuk menentukan gerakan mouse.

Mouse optik mulai dikenal pada akhir 1999. Mouse seperti ini punya kamera yang memotret ribuan gambar setiap detik. Kamera memotret alas mouse. Gambar yang diperoleh dikirim ke prosesor sinyal digital untuk dianalisis. Prosesor itu membandingkan setiap gambar yang dikirim untuk mengenali perubahan di setiap gambar.

Dalam perjalanannya sebuah potongan gambar yang berhasil ditangkap oleh sensor tadi akan diproses oleh prosessing chip dan akan membentuk sebuah algoritma dan akan di analisa untuk mereferensi setiap perubahan pergerakan yang terjadi melalui mekanisme x/y axis. Dalam kondisi idealnya sebuah sensor optik pada mouse sanggup memproses data yang setara dengan 1500 gambar berukuran 3.2 Megapixel/detiknya.

Akan tetapi salah satu kekurangan optikal mouse ialah kurang mampunya sensor bekerja pada permukaan yang mengkilap atau transparent seperti cermin atau kaca sehingga akhirnya munculah laser mouse sebagai generasi penerus selanjutnya.

Dalam mouse laser, LED mempersembahkan mouse optik yang ditempatkan dengan sinar laser inframerah. Ini adalah perbedaan utama antara optical mouse dan laser mouse. Laser mouse diluncurkan oleh Logitech pada tahun 2004. Kerja dari laser mouse mirip dengan sebuah mouse optik kecuali LED, sebuah sinar laser yang tak terlihat bereaksi dengan tepat. Sinar laser melewati cincin dasar dan cahaya yang dipantulkan dari permukaan perjalanan ke sensor, yang memiliki kapasitas untuk mengambil gambar sebesar 5,8 megapixel per detik.

Setelah kamu tahu perbedaan konsep antara mouse optik dan laser, untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat bagan berikut. Ini dia bagan perbedaan mouse optik dan laser.

Mouse Optik Mouse Laser
Pada mousepad kain sangat baik Pada mousepad kain agak kurang
Pada mousepad kaca tidak bisa dipakai Pada mousepad kaca bisa dipakai
Cukup sensitif Sangat sensitif
Mouse diangkat sensor tidak membaca Mouse diangkat sensor masih membaca
Sinar sensor terlihat Sinar sensor tidak terlihat

Jadi seperti itu perbedaan mouse optik dan laser. Meski teknologi optik lebih lawas, rupanya banyak yang merasa optik jauh lebih bisa diandalkan. Bagaimana pendapat kamu terkait hal ini, lebih baik mana?

Advertisements