Anies Sentil Ahok: Petahana Kok Tawarkan Gagasan?

Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyayangkan calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menggunakan masa kampanye sebagai tempat untuk menawarkan program.

“Sebenarnya masa kampanye bagi petahana seharusnya menunjukkan kinerja bukannya mengeluarkan gagasan. Hal itu membuat gagasan yang dimunculkan terkesan sebagai pemanis pada masa kampanye saja,” kata Anies di kediamannya, Lebak Bulus Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan, hari ini.

Anies mengatakan dalam Pilkada seharusnya petahana bercerita tentang hasil kerja.

“Justru masa kampanye bagi petahana adalah masa untuk membuktikan kinerja, sedangkan kami penantang menawarkan gagasan, bukan sebaliknya.”

Anies mencontohkan seperti program santunan untuk lansia pada 2013, yang dipaparkan oleh pasangan petahana itu.

Program untuk orang tua lanjut usia sebesar Rp 600 ribu per bulan, yang diklaim oleh petahana dan sudah digagas sejak 2013. Anies mengaku tidak mempermasalahkan program itu. Tapi Anies melihat sejauh ini program perbaikan jalan malah lebih cepat beres ketimbang untuk program lansia.

“Padahal jika program itu berjalan dengan hitung-hitungan per tahun, para lansia mendapat sekitar Rp 7 juta per tahun dan selama lima tahun bisa mendapat Rp 30 jutaan lebih, Betapa hilang kesempatan yang didapatkan orang tua. Jadi, maksud saya, bukan soal idenya, melainkan timing-nya,” terangnya.

Meskipun demikian Anies percaya warga bisa menilai sendiri mana gagasan dan kinerja yang dibuat dengan sebenarnya dan mana gagasan parsial semata.

Advertisements