Selain Internetan, Ini Fungsi Lain Wifi yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Tentu wifi bukan barang mewah di jaman sekarang yang serba canggih. Karena banyak perangkat lainnya yang sudah mengguanakn Wi-fi seperti: smartphone, televisi, hingga kamera. Selama ini Wi-fi hanya identik dengan koneksi ke internet tanpa menggunakan paket data. Padahal, masih banyak fungsi lain dari Wi-fi di smartphone yang jarang digunakan.

Berikut fungsi lain dari Wi-fi smartphone kamu:

1. Menjadikan smartphone sebagai keyboard dan mouse sementara

Jika kamu sedang dikejar tugas kantor atau tugas kuliahan, kamu bisa menggunakan smartphone kamu sebagai pengganti keyboard atau mouse laptop anda yang rusak. Caranya cukup menginstal wifi mouse pada smartphone dan laptop anda sudah dapat menggunakan keyboard dan mouse dari smartphone kamu.

2. Screen Mirroring

Fungsi lainnya dari Wi-fi smartphone adalah kamu bisa membuat apa yang ada di smartphone kamu tampil di layar laptop atau monitor televisi pintar. Dengan begini kamu bisa membuat presentasi cukup dari smartphone kamu. Caranya kamu cuma butuh aplikasi mirroring seperti Cubetto, Pushbullet, atau AirDroid yang banyak bertebaran di app store.

3. Transfer file smartphone ke laptop/komputer


Cukup dengan menggunakan jaringan wifi yang sama antara laptop dan smartphone anda sudah bisa mengirim atau transfer file secara cepat dan sangat mudah . Caranya mudah sekali , anda hanya perlu menginstal aplikasi transfer file seperti Share It . Hanya berbekal koneksi jaringan wifi yang sama anda sudah tidak perlu untuk mencolokan kabel usb lagi untuk mentransfer file dari smartphone ke laptop atau sebaliknya .

4. Sebagai modem portable

Ini adalah fungsi yang sudah pasti kamu tahu. Dengan menggunakan hotspot tethering kamu bisa mengubah smartphone kamu menjadi pemancar sinyal atau modem wifi. Namun hal ini membuat baterai kamu boros dan tentu menghabiskan kuota paket internet kamu. Jadi gunakanlah hotspot tethering dengan bijak ya guys.

5. Terhubung dengan perangkat lainnya

Namanya ponsel pintar, tentu bisa berinteraksi dengan perangkat lain yang nggak kalah canggih. Caranya tentu dengan menggunakan teknologi Wi-fi. Perangkat seperti smartwatch, smart TV, hingga kamera mirrorless bisa dengan mudah terhubung dengan smartphone kamu. Caranya kamu tinggal menginstall aplikasi bawaan yang ada pada perangkat tersebut di smartphone kamu.

 

Advertisements