Saingi Uberpool, Grab Keluarkan Grabshare, Tarif Lebih Murah

Grab baru saja memperkenalkan GrabShare. GrabShare merupakan layanan carpool komersial pertama dari Grab yang tengah diujicoba di Jakarta. Keunggulan GrabShare ini adalah tarifnya yang konon lebih terjangkau.

Prinsip fitur GrabShare mirip dengan GrabHitch, yang memungkinkan pengguna menumpang motor dengan arah tujuan yang sama. Bedanya pada GrabShare, penumpang menggunakan mobil GrabCar dan berbagi dengan penumpang lain yang memiliki tujuan sama.

Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan, GrabShare akan sangat efektif, terutama untuk mengurai kemacetan di Jakarta.

“Konsep layanan ini adalah berbagi kendaraan untuk memaksimalkan perjalanan, sekaligus sebagai solusi kemacetan di Indonesia. Karena itu kami luncurkan GrabShare ini di Indonesia,” terang Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata dalam peluncuran GrabShare, Senin (13/3/2017) di Jakarta.

Meski sedikit tidak nyaman, namun layanan tersebut bisa kamu nikmati dengan tarif yang lebih murah dibanding layanan GrabCar. Demi mengurangi ketidaknyamanan pengguna, Grab pun membatasi waktu tunggu pengemudi ketika menjemput penumpang selanjutnya hanya sekitar tiga menit.

Menurut data Badan Pusat Statistik DKI Jakarta, mobil berada di posisi kedua setelah sepeda motor sebagai kendaraan yang menjadi penyebab dominan kemacetan di Jakarta.

Dengan GrabShare, kata Ridzki, akan meningkatkan kualitas perjalanan harian penumpang dan mengurangi kemacetan dengan menekan jumlah komuter yang melakukan perjalanan sendirian.

Serupa dengan UberPOOL, GrabShare menetapkan jumlah penumpang dalam satu kendaraan maksimal hanya empat orang. Setiap pemesan pun hanya boleh mengajak seorang teman lain untuk ikut dalam perjalanan.

Bila dibandingkan dengan UberPOOL, GrabShare hadir dengan tarif yang relatif lebih murah. Ketika saya mencoba untuk memesan dari daerah Kuningan menuju Cilandak, GrabShare menunjukkan tarif Rp33.000, sedangkan UberPOOL menunjukkan tarif Rp40.000.

Dengan menggunakan layanan GrabShare, lanjut Ridzki, penumpang bisa berhemat hingga 50 persen dari tarif GrabCar ekonomi. Sementara bagi mitra pengemudi, mereka dapat menerima dua pemesanan penumpang sekaligus untuk memperoleh tarif gabungan yang lebih besar. Selain itu, setiap pencocokan Grabshare juga dirancang untuk meminimalisir jarak tambahan dalam setiap perjalanan, mengurangi konsumsi bahan bakar, dan waktu tempuh.

Sebelum diujicoba di Jakarta, sejak Desember 2016 layanan GrabShare telah sukses diperkenalkan di beberapa negara tempat Grab beroperasi, seperti di Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Advertisements