Ini Loh yang Membuat Ban Kereta Kamu Jadi Lebih Cepat Botak

Ban merupakan salah satu bagian yang krusial pada setiap kendaraan. Kondisi ban yang baik dan terjaga dalam kondisi prima akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih aman dan nyaman. Berbeda jika kondisi ban kendaraan Anda dalam kondisi halus atau bahkan botak, hal ini tentu menjadi berbahaya dan kendaraan menjadi rawan saat digunakan berkendara di jalan raya.

Salah satu resiko yang sering terjadi yang berkaitan dengan ban motor yang botak adalah kecelakaan. Biasanya ban sepeda motor umumnya didesain untuk bisa bertahan selama 1,5 sampai 2 tahun, namun kesalahan pengguna, kondisi jalan yang buruk dan beberapa faktor lain menyebabkan ban menjadi cepat aus dan pada akhirnya menjadi botak. Berikut ini kami akan mengungkap 8 penyebab umum ban motor menjadi cepat botak.

1. Tidak pernah membersihkan ban yang kotor

Kamu tidak akan sadar jika setiap hari ban kereta kamu melindas berbagai bahan kimia yang bisa menyebabkan kebotakan pada ban kamu. So, pastikan agar selalu membersihkan ban kereta kamu setiap hari. kamu bisa menggunakan sabun khusus dan sikat sampai bersih berbagai kotoran yang menempel.

2. Sering bawa barang berat

Jika kamu sering membawa barang berat maka itu bisa menyebabkan gesekan yang lebih besar dan kuat antara ban kamu dengan aspal. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus maka ban motor kamu akan cepat botak.

3. Tidak memeriksa tekanan angin pada ban

Terkadang karena saking sibuk nya atau memang kamu malas memeriksa ban kereta yang kekurangan angin. Padahal jika kekurangan angin pada ban danpat berimbas ban bergeser terlalu kuat pada aspal yang tentu jadi lebih cepat botak. So, pastikan kamu selalu mengecek tekanan angin ban kamu secara rutin ya guys.

4. Keseringan tidak memarkir menggunakan cagak tengah

Tidak menggunakan standart/penopang tengah adalah kesalahan yang dianggap remeh oleh para pemilik motor. Padahal, sebenarnya memarkir dengan menggunakan standard samping akan berpengaruh pada kualitas ban. Karena posisi menggunakan standard miring membuat ban semakin lemah. So, setelah ini jangan lupa selalu menggunakan standard tengah saat parkir ya guys.

5. Suka mengerem mendadak

Ini adalah kebiasaan pengendara yang ugal-ugalan yang menyebabkan mereka mengerem mendadak. Padahal pengereman yang dilakukan secara tiba-tiba ini dapat memicu ban kereta kamu cepat habis dan botak dan pastinya berbahaya buat kamu sendiri dan orang lain jika rem nya kebablasan.

6. Keseringan bermanuverĀ 

Jika kamu suka bermanuver yang berbahaya seperti menghindari lubang atau membelokkan di tikungan tajam, kebiasaan ini juga harus dihentikan karena dapat membuat ban kamu mengikis aspal terlalu kuat dan secara perlahan ban kamu akan habis dan botak.

7. Shockbreaker sudah mati

Jika komponen pelunak/peredam seperti shock breaker kamu sudah mati, maka jika kamu melewati jalan yang tidak rata, tekanan akan hanya bertumpu pada ban kamu sehingga menyebabkaan cepat rusak dan botak.

8. Memasang ban dengan rotasi yang terbalik

Jika ban kamu terpasang terbalik saat pergantian ban, maka ia akan berotasi dengan tidak semestinya dan tentunya dapat mengurangi kenyamanan berkendara serta membuat ban lebih cepat aus. jadi sekarang kamu harus periksa ban kamu jangan sampai terpasang terbalik karena semua ban sudah ada tercantum arah rotasi nya yang benar.

Advertisements