Karena Cuitan Ernest, Sido Muncul Putus Kontrak Iklan Dengannya

Beberapa hari belakangan ini Ernest Prakasa menjadi sorotan publik lantaran cuitan di twitternya yang kontroversial. Sutradara dan pemain film CEK TOKO SEBELAH itu mengomentari foto Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama ulama terkenal asal India, Zakir Naik yang tengah mengunjungi Indonesia.

“JK dengan hangat menjamu Zakir Naik, orang yang terang-terangan mandanai ISIS. Sulit dipahami,” tulisnya di akun twitter @ernestprakasa.

Tweet Ernest tersebut pun langsung dibanjiri hujatan oleh netizen lantaran dianggap memfitnah salah satu tokoh Islam. Komika kondang itupun langsung memberikan klarifikasi jika dirinya sebenarnya cuma mengutip sebuah pemberitaan dari sebuah media Internasional. Tak lupa Ia juga minta maaf atas kesalahannya.

Manajemen PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) memberikan respons atas cuitan Ernest Prakasa. Ernest sendiri merupakan bintang iklan dari produk tersebut.

“Kami tidak memperpanjang kontraknya,” jelas Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat dalam jumpa pers di Restoran Sambara, Jaksel, Selasa (7/3/2017)

Diputusnya kontrak Ernest karena gerakan boikot tolak angin cukup masif dan menjadi tranding topic di twitter.

Lewat akun Twitter resmi @Tolak_Angin, PT Sido Muncul Tbk memuat pernyataan resmi Irwan Hidayat, yaitu :

“Memantau percakapan yg terjadi di media sosial, khususnya dengan postingan sdr. Ernest Prakasa, kami memberikan klarifikasi sebagai berikut:

“Apa yang ditulis Ernest di media sosial adalah tanggung jawab pribadinya yang tidak terkait dengan brand Tolak Angin. Dalam kontrak perjanjian kami dengan semua bintang iklan, dengan jelas dinyatakan gar ybs menjaga ucapan dan perilaku yang bisa membawa konsekuensi kepada brand. Bahwa PT Sidomuncul sebagai perusahaan publik selalu memiliki komitmen untuk fokus pada kualitas produk, sehingga tidak relevan bagi kami untuk terlibat dalam kegiatan politik praktis.

PT. Sidomuncul sepakat untuk mendukung demokrasi di media sosial agar tercipta pikiran-pikiran positif untuk hal yang lebih baik. Bahwa kontrak dgn Ernest memang akan segera berakhir & secara pribadi Ernest sudah menyampaikan permintaan maaf & penyesalan kepada kami. Kedepan kasus ini akan menjadi pembelajaran bagi kami agar lebih berhati-hati dalam menjalankan kerja sama dengan bintang iklan“. 

Salam,
Irwan Hidayat
Direktur PT. industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.

Rupa-rupanya, langkah tegas tolak angin memutus kerjasama ini sangat diapresiasi oleh sebagian netizen. Mereka yang awalnya mempelopori hastag #BoikotTolakAngin pun mendadak berbalik arah dan mendukung. Merasa salut dengan tolak angin, hastag #SalutTolakAngin kini mendadak menjadi viral.

Sebelumya, seruan #BoikotTolakAngin sendiri merebak dan merajai trending topic di ranah Twitter, karena kecerobohan Ernest menfitnah Dr. Zakir Naik sebagai donatur ISIS. Karena peristiwa tersebut, seruan boikot produk dengan slogan ‘Orang Pintar Tolak Angin’ pun mendadak sangat booming.

Advertisements