Sinopsis Film Ah Boys to Men Part 1 (2012) : Membuang Ego Anak Lelaki Menjadi Pria Sejati

Mau tahu film Singapore terlaris sepanjang masa? Film tersebut adalah Ah Boys to Men. Film yang rilis tahun 2012 ini berhasil mengalahkan film yang juga disutradarai oleh Jack Neo 14 tahun yang lalu yaitu “Money No Enough” yang memperoleh S$ 6.03 juta. Film ini juga menjadi film Singapore termahal yang pernah dibuat dengan biaya S$ 3 juta dan film ini berhasil meraup S$ 6.18 juta.

Film ini bercerita tentang wajib militer di Singapore, sekaligus memperingati 45 tahun wajib militer. Ken Chow adalah seorang anak manja yang akan mengikuti wajib militer di Singapore. Ya, di Singapura semua anak lelaki yang berumur 18 tahun, atau anak lelaki yang telah menyelesaikan sekolah setingkat SMA (sekolah menengah atas), wajib untuk mengikuti yang namanya Nastional Service, tanpa terkecuali.

Ia dan orang tuanya berusaha untuk setidaknya menunda wajib militer hingga Ken menyelesaikan pendidikannya di luar negeri bersama sang pacar.

Akhirnya setelah menemui dokter termahal, untuk mendapatkan report kesehatan yang fatal (report bohongan),  bahkan menemui anggota parlemen, tidak bisa membantu agar Ken gagal NS (National Service). Akhirnya denga kecewa si Ken diantar juga oleh keluarganya ke pulau Tekong, tempat BMT. Sementara sang ayah selalu memberi semangat untuk Ken agar berlatih dengan baik selama NS, agar nanti bisa masuk OCS (Official Cadet School).

Di sana ia bertemu dengan beberapa teman sekelompoknya, mulai dari Aloysius yang terlampau antusias untuk menjadi yang terbaik, I.P. Man yang senasib dengan Ken yang harus berpisah dengan pacarnya hingga Lobang yang selalu berusaha untuk “keng” (pura-pura sakit) bersama dengan Ken selama wajib militer.

Aloysius Jin sangat percaya diri. Dan sangat terobsesi dengan OCS. Oleh karenannya dia sangat mempersiapkan diri dengan baik, dan menerima nasihat-nasihat orang disekitarnya, seperti harus percaya diri, menjadi pemimpin, dan membantu yang lain kelak. Termasuk, sudah mencukur habis rambutnya sebelum memasuki BMT. Persiapan yang sangat matang.

Mereka ini masuk Pletoon 2, dibawah pengawasan Sergeant Alex Ong. Semua kawan itu sebenarnya sangat bersahabat pada Ken Chow, hanya karena si Ken ini selalu teringat pacarnya yang bernama Amy itu, yang katanya akan melanjutkan studi keluar negeri, dia tidak nyaman berada di BMT. Terlebih lagi memang sedari awal Ken tidak mau masuk National Service, sekalipun Amy mendukungnya.

Setelah selang dua minggu pelatihan, Ken dan anggota lain diizinkan untuk keluar. Sebuah pesta mewah dibuat untuk merayakan Ken kembali ke rumah, tapi suasana hatinya hancur ketika sang paman, yang merupakan adik dari ibunya itu memberikan sebuah gambar dari sebuah ponsel. Gambar di ponsel itu yang didapat dari facebook, memperlihatkan sang pacar, Amy, berpose dengan seorang lelaki lain. Saat itu juga Ken Chow mengajak Amy untuk bertemu. Amy mau bertemu, tetapi Ken harus menjaga temperamennya, juga sikapnya. Dalam pertemuan itu intinya, Amy memutuskan hubungan dengan Ken Chow. Namun Ken tidak terima.

Sekembalinya ke pulau Tekong (BMT), perasaan Ken semakin kacau. Kalau diawal masuk BMT, masih mau mengikuti kegiatan, meski hatinya menolak. Tapi setelah diputuskan oleh Amy, Ken Chow, memang masih ikut kegiatan, tetapi makin terlihat kekacauan dalam sikapnya selama latihan. Misalnya, saat latihan menyerbu, dia malah bengong.

Ia bertekad untuk mendapatkan cintanya kembali, Ken membuat rencana untuk melarikan diri dari Pulau tekong, karena dia merasa Amy hanya menguji dia. Dan alasan sakitnya makin menjadi-jadi, ada-ada saja sakitnya tiap harinya yang dikeluhkan. Tapi itu semua tak berhasil membuatnya keluar dari pulau Tekong.

Suatu ketika ia, menemukan ide, saat melihat kawan dari pletoon lain terkapar diatas tandu dan dibawa keluar pulau, untuk masuk rumah sakit. Ya, kawan yang terkapar itu sakit serius karena kekurangan minum air putih, serangan jantung. Oleh karenannya ide itulah yang dipakai oleh Ken, membuat dirinya sendiri sakit. Caranya, mandi malam-malam, berbaring diatas meja yang diatasnya ada kipas anginnya, serta memeraskan handuk yang telah basah ketubuhnya saat berbaring dibawah kipas angin. Yang lebih penting ia tak minum air putih selama beberapa hari.

Namun, ia masuk ke situasi yang lebih buruk dari yang diharapkan dan ia dengan cepat dikirim ke rumah sakit setelah pingsan saat menjalani latihan.

Ia dibawa keluar pulau untuk masuk rumah sakit. Ya, tujuannya terlaksana, jatuh sakit dan dibawa keluar pulau (tempat BMT), masuk rumah sakit, dan kemudian dia akan pergi menemui sang pacar di bandara Changi, yang akan berangkat keluar negeri untuk studi. Perkiraan Ken, dengan begitu si Amy akan kembali padanya. Namun, perkiraannya meleset jauh. Dia justru jatuh sakit serius, hingga tak sadarkan diri. Sementara kawan-kawan diasramanya, dan seluruh penanggung jawab BMT kena semprot oleh atasan-atasan. Terlebih lagi sang ibu juga protes, mengapa bisa sampai kekurangan minum sampai berhari-hari.

Yang fatalnya lagi, sang ayah saat mendengar anaknya Ken Chow jatuh (sakit parah di BMT) ketika sedang meeting perusahaan. Dia segera meluncur pergi ke rumah sakit, tetapi kejutan dan ketegangan yang terlalu berlebihan, ia pun menderita stroke saat mengemudi dan kendaraan yang ia tunggangi pun bertabrakan dengan mobil lain dijalan ketika menuju rumah sakit tempat Ken dirawat.

Ken bangun di adegan berikutnya, dikelilingi oleh dua saudara perempuannya di rumah sakit. Dia menyadari tindakan bodoh itu telah menyebabkan banyak masalah bagi banyak orang dan tidak berani berhadapan dengan ayahnya, yang telah selamat dari kecelakaan mobil dan dirawat di ruangan lain di rumah sakit yang sama.

Tersadar dengan kenyataan yang menimpanya, diapun kembali ke BMT, dengan semangat baru. Melakukan latihan militer dengan sebaik-baiknya. Kalau yang tadinya Aloysius Jin yang selalu pertama, kini ia (Aloysisus Jin), didahului oleh Ken Chow. Ya, Ken Chow bangun lebih awal dari Aloysius Jin, dan memulai hari-hari diBMT sebagai yang pertama.

Episode berakhir di potongan ini, dan potongan episode berikutnya akan dilanjutkan di Ah Boys to Men 2

Berikut trailer film Ah Boys to Men Part 1 (2012)

 

Advertisements