Inilah Penyebab Bokong Sering Terasa Gatal

Merasa gatal pada permukaan kulit di beberapa bagian tubuh adalah hal yang normal, selama itu bukan karena infeksi. Lalu, bagaimana bila gatal itu terasa pada area bokong? Apa saja penyebabnya?

Berikut adalah beberapa faktor yang bisa membuat bokongmu jadi gatal tak keruan.

1. Kurang menjaga kebersihan

Pantat adalah area yang dekat dengan anus, tempat keluarnya kotoran manusia. Karena kotoran sendiri penuh dengan bakteri dan kuman, maka kamu wajib menjaga kebersihan pantat. Pantat juga menjadi tempat menumpuknya debu, keringat, dan kotoran. Hal inilah yang kemudian membuat munculnya rasa gatal.

2. Kulit kering

Terkadang, cuaca yang terlalu panas akan membuat kulit jadi kering. Begitu pula dengan kulit pantat. Hasilnya, rasa gatal pun muncul.

3. Adanya parasit di pantat

Parasit yang bersarang di pantat juga dapat menyebabkan gatal. Dan anak-anak seringkali mengalaminya.

Parasit yang bisa berupa cacing ini akan bergerak di sekitar anus untuk kemudian bertelur dan membuatmu mengalami rasa gatal.

4. Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual atau PMS mampu menimbulkan rasa gatal di pantat. PMS seperti herpes, sifilis, atau gonore akan membuat area anus jadi gatal.

5. Penyakit kulit

Penyakit kulit yang muncul di pantat juga bisa menimbulkan rasa gatal. Terutama penyakit kulit yang disebut dengan Seborrheic Dermatitis. Penyakit kulit ini akan membuat kulit pantatmu jadi bersisik dan menimbulkan rasa gatal terutama di pangkal paha, telinga, ketiak, dan bahkan kulit kepala.

6. Infeksi jamur

Jamur dapat bertumbuh di area yang lembab dan gelap sehingga jamur lebih sering tumbuh di daerah tubuh yang saling bergesekkan. Pemberian salep anti jamur dapat mengatasi infeksi jamur pada daerah bokong, akan tetapi bila tidak, maka jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan seorang dokter.

7. Wasir

Penonjolan pembuluh darah (wasir) dapat sangat mengganggu, terasa nyeri, dan gatal; yang disebabkan oleh pembengkakan dan peradangan di daerah anus. Wasir merupakan gangguan yang sangat sering terjadi, yang biasanya disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam perut karena sembelit atau kehamilan.

8. Diare

Diare yang terjadi di dalam saluran pencernaan juga bisa membuat pantat gatal. Sebabnya, diare yang membuat kamu seringkali buang air akan mengakibatkan area pantat seringkali bersentuhan dengan air. Kulit akan lembab dan menjadi gatal. Bahkan bisa menimbulkan iritasi.

9. Eksim

Rasa gatal pada kulit area bokong juga bisa karena eksim. Gejalanya, kulit terasa gatal dan bersisik dengan benjolan merah kecil. Coba atasi dengan mengenakan pakaian berbahan dasar katun agar kulit bisa mendapatkan udara untuk bernapas.

10. Psoriasis

Psoriasis juga bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit di area bokong. Jika bokong Anda bersisik dan terasa gatal tepat di sekitar celah pantat, dapat dipastikan itu adalah psoriasis. Coba obati dengan steroid dan sangat dianjurkan untuk memeriksakannya ke dokter kulit.

11. Konsumsi makanan tertentu

Mengonsumsi makanan tertentu ternyata juga bisa membuat pantat jadi gatal, lho. Beberapa jenis makanan seperti makanan pedas, susu, maupun buah anggur atau jeruk bisa membuatmu mengalami rasa gatal. Sebabnya makanan tersebut akan memicu alergi dan berakhir dengan gatal-gatal.

Itu lah penyebab-penyebab bokong sering terasa gatal. Sebaiknya jangan menggaruk pantat terlalu keras sebab kulit pantat adalah area yang sensitif sehingga garukan yang keras akan mengakibatkan kulit jadi iritasi.

Advertisements