Inilah Bahaya Fatal Kalau Sering Tidak Sarapan

Mengawali hari dengan sarapan akan memberikan bahan bakar yang cukup bagi tubuh. Kamu bisa bekerja secara enerjik, terhindar dari aktivitas yang lamban dan badan terasa lesu. Namun sayang, banyak orang melewatkan sarapan, memilih makan siang sebagai makan berat pertamanya. Meskipun banyak pakar gizi yang menyebutkan bahwa sarapan punya dampak penting untuk tubuh tapi nyatanya masih banyak yang mengabaikannya.

Ahli diet Priya Palan menyebut, “Sarapan adalah makanan pertama untuk harimu setelah perut kosong sepanjang malam. Oleh karenanya sarapan dapat menunjang aktivitas harianmu. Sarapan pada prinsipnya memutus puasa yang dilakukan sepanjang malam. Ini asupan penting penyedia bahan bakar untuk tubuh dan otak, dan juga membantumu memenuhi energi harian yang dibutuhkan untuk menjalani hari.”

Apa Bahaya Tidak Sarapan Pagi ?

1. Obesitas/Kegemukan

Hal tersebut karena orang yang seringkali melewatkan sarapan juga cenderung akan makan lebih banyak saat makan siang karena rasa lapar yang berlebih. Akibatnya, mereka akan mengonsumsi lebih banyak lemak dan kalori, bahkan jumlah kalori yang masuk ke tubuh mereka bisa mencapai 100 kalori lebih banyak daripada orang yang rajin sarapan. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk selalu sarapan pagi yah

2. Pemicu Utama Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit kematian nomor satu di dunia pada manusia pada orang dewasa. Faktornya adalah tidak sarapan pagi yang menyebabkan kita mengkonsumsi lemak berlebih yang mengakibatkan terhambatnya lemak pada darah yang berjalan keseluruh tubuh. Selain itu juga beberapa aktivitas sehari-hari yang menyebabkan kematian antara lain adalah gaya hidup yang kurang sehat, malas, kurang gerak, jarang berolahraga, dan kurang istirahat.

3. Menurunkan kemampuan kognitif

Ternyata nasehat orang tua seperti “sarapan nih biar pintar di sekolah” itu benar ada nya. Karena otak kekurangan nutrisi, maka akan mengganggu konsentrasi sehingga proses penyerapan pengetahuan tidak berjalan dengan maksimal. Sebuah studi dari A Centers for Disease Control menyatakan bahwa anak-anak usia sekolah yang tidak sarapan memiliki kemampuan akademik yang lebih rendah daripada anak-anak yang rutin mengonsumsi sarapan. Bahkan di beberapa negara, sekolah telah menyediakan sarapan bagi peserta didiknya sehingga diharapkan anak-anak yang tidak mendapatkan sarapan dari rumah karena berbagai alasan, tetap dapat mengonsumsi sarapan secara rutin. Tidak sarapan juga menyebabkan daya ingat menurun.

4. Mood yang jelek

Melewatkan sarapan ternyata juga dapat menyebabkan suasana hati yang tidak baik. Hal ini akan mempengaruhi anda dalam melakukan rutinitas. Dengan suasana hati yang tidak baik, maka hasil kinerja anda juga tidak maksimal. Jangan sampai hanya karena melewatkan makan pagi, aktivitas anda menjadi terganggu dan tidak sesuai harapan yang justru menambah stres.

5. Gangguan Fisik

Melewatkan sarapan membuat anda berisiko menderita hypoglycemia atau gula darah yang rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala fisik seperti pusing, lemas, sakit kepala dan detak jantung yang meningkat. Tubuh kita harus melakukan berbagai aktivitas seharian, maka perlu tercipta kondisi yang prima untuk melalui hari dengan baik.

6. Tidak Teraturnya Menstruasi pada Wanita

Nah kali ini ini untuk kaum wanita yang melewatkan sarapan pagi salah satunya berdampak dalam kehidupan mahasiswa atau wanita remaja adalah proses menstruasi yang tidak teratur. Survei dilakukan pada bulan Agustus 2010, bahwa mahasiswa yang sering melewatkan sarapan pagi lebih mengalami resiko ketidak teraturan proses menstruasi. Mengakibatkan keparahan menstruasi yang sangat menyakitkan dan darah menstruasi tidak teratur. Biasanya ini untuk para remaja atau mahasiswa putri yang ngekos dan jarang sarapan pagi.

7. Menyebabkan Maag

Penyakit maag sering terjadi pada seseorang yang telat sarapan atau tidak pernah sarapan, terutama bagi pelajar wanita. Hal ini disebabkan oleh lambung yang terus mengeluarkan asam lambung dan terus bekerja walau tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalamnya. Sehingga mengakibatkan perut terasa sakit dan seperti diremas – remas. Nah, inilah yang disebut dengan maag, apabila terus dibiarkan akan menjadi maag akut dan sulit sekali menerima makanan yang asam walaupun sedikit serta penyakit lainnya.

Sekian penjelasan tentang bahaya sering menunda atau tidak sarapan. Silahkan share jika informasi ini bermanfaat.

Advertisements