15 Hal yang akan Anda sesali pada 10 Tahun Mendatang

Dalam artikel ini saya ingin membagikan info teraktual mengenai 10 Hal yang akan Anda sesali pada 15Tahun Mendatang

Sebagaimana telah diketahui bersama, banyak hal yang dapat disesalkan seseorang di kehidupan sekarang dan masa lalu, dimana penyebab penyesalan tersebut biasanya karena perbuatan atau sikap yang salah di masa sekarang

Di bawah ini kita akan membahas 10 hal yang wajib Anda hindari kalau tidak ingin menyesal di 10 tahun ke depan

1) Anda tidak berani menjadi diri sendiri. Anda lebih suka pake ‘masker’ untuk mengesankan orang lain 

Jangan menggunakan ‘masker’ di wajahmu! Karena ketika kamu selalu memikirkan persepsi orang lain terhadapmu atau selalu memikirkan menjadi orang lain, maka nantinya kamu akan lupa siapa sebenarnya dirimu. Maka dari itu, jangan pernah takut tentang persepsi orang lain terhadapmu. Kamu tidak perlu menjadi sempurna untuk mengesankan dan menginspirasi orang lain. Biarkan orang lain terkesan dan terinspirasi ketika kamu menghadapi ketidaksempurnaan yang kamu miliki.

2) Membiarkan orang lain untuk menciptakan mimpi untuk Anda, bukan membangun mimpi Anda sendiri 

Tantangan terbesar di hidup adalah menemukan siapa dirimu, terbesar kedua adalah bahagia dengan apa yang kamu dapatkan. Bagian terbesar dalam tantangan ini adalah keputusan untuk tetap tinggal dalam meraih mimpi dan tujuanmu. Jangan takut jika ada orang yang tidak setuju dengan mimpimu saat ini, yang kamu butuhkan adalah keteguhan hati untuk meraih mimpi itu!

3) Anda sering bersikap negatif kepada orang lain 

Jangan biarkan orang lain memberikan sikap buruk padamu. Orang lain tidak akan menembak peluru, jika kamu sendiri tidak memberikan senjata. Lebih baik menyebarkan kasih sayang daripada kemarahan, kemurahan hati daripada keserakahan, dan kesabaran daripada kecemasan.

4) Anda bersikap egois dan hanya memikirkan diri sendiri 

Harta terbaik adalah ketika hidup seseorang diisi dengan benih kasih dan memiliki karakter yang baik. Apa yang kamu lakukan hanya untuk dirimu sendiri akan diam bersama dirimu sendiri, sedangkan apa yang kamu lakukan untuk orang lain dan dunia akan menjadi sebuah kenangan yang indah.

5) Anda selalu menghindar untuk sebuah perubahan dan pertumbuhan 

Jika kamu ingin mengetahui masa lalumu, lihatlah kondisi sekarang. Jika kamu ingin tahu masa depanmu, lihat sikap dan aksimu sekarang. Kamu harus pergi dari masa lalumu untuk membuat jalan baru. Jika kamu mengakui itu sekarang dan mengambil langkah untuk mengatasi itu, maka kamu akan memposisikan dirimu pada sebuah kesuksesan yang abadi.

6) Anda mudah menyerah ketika situasi mulai sulit 

Walaupun hal dalam hidupmu tidak membuka jalan seperti yang kamu harapkan, jangan menyerah atau kecewa. Belajar dari pengalaman dan move on. Kamu yang melanjutkan untuk maju satu langkah akan menang di akhirnya nanti. Karena pertempuran selalu menang jauh sebelum kemenangan akhir.

7) Anda selalu mencoba untuk mengontrol seluruh hal-hal kecil 

Teliti dan cermat memang penting. Di lain sisi, kamu perlu rileks dan membiarkan hidup berjalan sedemikian rupa. Jangan biarkan dirimu stres dengan hal kecil yang sebenarnya tidak akan menjadi masalah besar di depan. Segalanya akan berjalan normal kok!

8) Enggan Mengeluarkan Uang Untuk Membantu Orang Lain

Perhitungan dan menyimpan materi untuk kepentingan diri sendiri memang bisa membuat dirimu makmur. Tapi bukankah hidup sepatutnya lebih dari sekedar menjadi kaya, punya rumah, punya mobil kemudian mati? Bukankah sebaik-baiknya hidup adalah yang bermanfaat bagi sesama?

Jadi orang yang perhitungan dan enggan mengulurkan tangan untuk membantu orang lain akan membuatmu jadi pribadi yang tidak berbahagia nantinya. Ketika kemanfaatan yang diberikan Tuhan padamu tidak kamu gunakan untuk membantu orang lain, kamu akan jadi pribadi yang tercukupi secara materi. Tapi, kosong di hati.

9) Anda selalu cepat puas, padahal Anda bisa mendapatkan lebih 

Memang kepuasan dalam hidup tidak ada akhirnya. Namun, jangan biarkan dirimu lengah dan terlena dengan apa yang kamu miliki sekarang. Jangan merasa idemu sudah baik, sehingga kamu meremehkan hal di sekitarmu. Cobalah untuk terus mengeksplore diri ke arah yang lebih baik.

10) Bertahan Dalam Hubungan yang Membawa Pengaruh Buruk

Banyak orang bilang, pribadi kita ditentukan oleh 5 orang yang paling sering menghabiskan waktu bersama (“you become like the 5 people you spend the most time with”). Dalam hidup, kita pun perlu membuat pilihan tentang siapa saja yang layak terus berada di hidup kita dan siapa saja yang harus ditinggalkan.

Meninggalkan sekelompok teman atau seorang kekasih memang tidak pernah mudah. Namun bertahan dalam hubungan yang tidak membawamu kemana-mana dan tidak memberikan dampak pada perkembangan pribadimu juga bukanlah hal yang bijak. Kamu berhak dikelilingi oleh orang-orang yang bisa membuatmu naik tingkat.Kamu layak masuk ke lingkungan yang bisa membuatmu jadi orang yang lebih baik.

Bertahan dalam hubungan yang tidak membawa dampak positif bagi pengembangan pribadimu akan membuatmu menyesal kelak.

11) Selalu Overthinking Dalam Segala Hal

Berusaha membuat semuanya berada di dalam kendalimu terkadang justru makin memperkeruh suasana. Kamu akan terjebak pada pikiran-pikiran buruk dan kecemasan yang belum tentu akan terjadi. Kebiasaan overthinking akan membuatmu jadi orang yang tidak lepas dalam bertindak.

Ingin semuanya berjalan lancar memang baik. Tapi berusaha mengatur semuanya agar berjalan sesuai kehendakmu adalah hal yang tidak bijak. Bagaimanapun, ada kekuatan besar di luar dirimu yang perlu kamu percayai. Dia akan memberikan yang terbaik untukmu, selama kamu benar-benar memaksimalkan usaha.
12) Anda selalu menunggu hari esok. Nunda lagi, nunda lagi 

Hal ini selalu menjadi bom dalam hidup. Ketika ada kalimat “Besok masih bisa dikerjakan kok”. Sebaliknya, ‘Kenapa gak sekarang aja kalo sekarang ada waktu?’. Karena bisa aja besok ada hal yang lebih penting untuk dikerjakan. Hindarilah dari sebuah penundaan!

13) Anda menjadi pemalas dan plin-plan 

Sesuatu yang buruk terjadi jika tidak ada kemauan dan kerja keras. Pemalas dimulai dari tidak adanya tujuan hidup dan mimpi. Tetapkan tujuan dalam hidupmu, maka bangkitlah dari sebuah kemalasan semu.

14) Tidak Memanfaatkan Waktu Dengan Baik

Kamu masih sering santai-santai di jam kerja, padahal waktu produktif itu bisa kamu manfaatkan untuk merampungkan tanggung jawab. Dampaknya, waktu pribadimu berkurang. Kamu sering pulang masih berbekal pekerjaan. Buku bacaan yang menanti untuk dituntaskan pun makin jarang terjamah tangan.

Kalau tidak mau jadi orang paling menyesal di dunia, hindarilah kebiasaan membuang-buang waktu. Maksimalkan kemampuanmu untuk menggunakan waktu sesuai kegunaannya. Dengan memiliki pola kerja yang baik, kamu akan punya kehidupan yang lebih seimbang dan tertata.

15) Terus Berandai-Andai Tanpa Melakukan Sesuatu

Impian dan keinginanmu melimpah ruah. Tapi, besarnya keinginan tidak dibarengi dengan usahamu untuk mencapainya.Kamu hanya terjebak pada berbagai ide, tanpa pernah melakukan sesuatu yang konkret.Ide-ide tersebut kamu rasa sudah sangat kuat dan pasti sukses. Sayang, kamu minim eksekusi.

Jadi pemimpi itu boleh dan perlu. Bagaimanapun, segala sesuatu pasti dimulai dari mimpi bukan? Namun yang berbahaya adalah ketika kamu jadi pemimpi yang penuh omong kosong. Ketika mulutmu lebih banyak bergerak dibandingkan tanganmu. Orang lain tidak perlu tahu apa mimpimu. Kamu hanya perlu mewujudkannya di depan mata mereka.

Itu tadi 15 hal yang jika terus kamu lakukan, bisa membuatmu jadi orang yang menyesal dalam 10 tahun mendatang. Tentu kamu tidak mau ‘kan jadi pribadi yang menyesal di kemudian hari?

Karena hidupmu masih panjang, jangan gunakan satu hari pun dalam hidup untuk hal yang bisa kamu sesali di 10 tahun ke depan. Bukankah masa depanmu nanti ditentukan dari sekarang?

Advertisements