Internet Kamu Lemot? Kamu Harus Tahu Nih Perbedaan Mbps dengan MBps!

Di iklan paket internet operator seluler, kamu pasti sering melihat mereka menyertakan kecepatan internetnya. Gak cuma cari harga paket internet yang murah, kamu juga menginginkan paket internet yang menawarkan internet stabil dan cepat, kan?

Tapi, kebanyakan dari kamu pasti sering merasa heran karena kecepatan internet yang diterima tidak sesuai iklan. Kenapa bisa begitu ya? Mungkin kamu belum paham bedanya Mbps dan MBps.

*Contoh kasus pengguna :

“DAPATKAN KONEKSI INTERNET HINGGA 7.2 Mbps !!”

*keluhan pengguna :

“wanjir!! katanya 7.2 Mbps, buat download aja cuma 345 KB/sec. Payah ini paketan, sampah!!”

Perbedaan Satuan Kecepatan Internet

Saat melihat iklan paket internet yang menuliskan kecepatan internet up to 3,1 Mbps dibandingkan 387,5 KBps; mana yang akan kamu pilih? Padahal keduanya ternyata memiliki kecepatan internet yang sama loh! Kok bisa?

Bedanya Mbps dan KBps

Jika ternyata kecepatan internet yang kamu terima itu lebih lambat daripada yang diiklankan, gak usah langsung kecewa.

Karena akan saya jelaskan tentang pengertian Mbps yang tidak dijelaskan oleh pihak penyedia jasa Internet mungkin untuk menarik minat pengguna, tetapi sebagai pengguna yang cerdas, kita harus mengetahui hal ini. Mbps adalah singkatan dari Mega bits Per Second adalah satuan untuk mengukur kecepatan Internet per detik dengan menggunakan satuan bits. MBps adalah singkatan dari Mega Byte Per Second adalah satuan untuk mengukur kecepatan Internet per detik dengan menggunakan satuan Byte.

Perbedaannya satuan byte dan bits adalah ukurannya. Ukuran byte lebih besar dari ukuran satuan bits. 1 bits sama dengan 0,125 byte, atau 1 bits adalah 1/8 satuan byte.

Contohnya, 5,2 Mbps/520 kbps = 0,65 MBpps/650 KBps jika satuan bits diubah ke satuan byte berarti dibagi 8, jadi kecepatan 5,2 Mbps sebenarnya kecepatannya hanya 650 KBps maksimalnya, karena biasanya di komputer, gadget atau HP kecepatan Internetnya menggunakan satuan ukuran byte bukan bits. Sedangkan operator penyedia jasa Internet kita menggunakan satuan ukuran bits.

Sekarang kamu sudah paham kan sekarang apa artinya kecepatan 7,2 Mbps atau 14,1 Mbps yang diinformasikan oleh operator penyedia jasa Internet kamu? Dan kamu bisa memperkirakan berapa kecepatannya kan?

Jadi, meski terlihat serupa namun nilainya tak sama, antara MBps dan Mbps masing-masing sifat serta makna yang berbeda. Bisa jadi kamu selama ini salah menafsirkan iklan tersebut, sehingga ngamuk-ngamuk saat internet kamu lambat.

Kenapa operator memilih menggunakan angka 185Mbps daripada angka 23MBps? Padahal kecepatan keduanya sama. Hanya jika melihat angkanya, jelas akan membuat kamu tertarik karena terlihat lebih besar dan lebih cepat, bukan?

Advertisements