Jangan Remehkan! Kolang Kaling Berkhasyat Menyembuhkan Sakit Sendi

Siapapun pasti tahu buah kolang kaling atau kalau bahasa sundanya adalah “Cangkaleng”. Buah kolang kaling biasanya menjadi menu yang mudah dijumpai saat bulan puasa. Tak perlu menunggu Ramadhan tiba, selain nikmat, kebiasaan mengonsumsi buah kolang kaling setiap hari juga bermanfaat untuk mereka yang sakit sendi. Anda tidak percaya? Simak penjelasannya dari pakar nutrisi, berikut ini:

Profesor Dr Ir H Hardinsyah MS dari Pergizi Pangan Indonesia mengatakan, kolang kaling memiliki kandungan mineral, di antaranya kalsium dan lesitin. Kandungan zat tersebut sangat baik untuk kesehatan sendi.

“Kolang kaling mengandung mineral salah satunya kalsium, ada lestisin, jadi sangat baik untuk kesehatan sendi,” jelasnya.

Bagaimana dengan pendapat yang mengatakan mengonsumsi kolang kaling harus 10 biji per hari?

“Lebih baik konsumsi secukupnya. Tidak ada patokan 10 biji. Konsumsi setiap hari boleh, jangan dikonsumsi hanya saat bulan Ramadhan saja, apa lagi cuma satu atau dua biji,” lanjutnya.

Nah, berikut testimoni yang sudah merasakan khasiat buah kolang kaling.

“Sejak 2006 tulang sering sakit, duduk dan berdiri terlalu lama rasanya sangat sakit, apalagi saat tengkurep atau setelah menggendong anak rasanya sangat sakit banget. Namun setelah mengkonsumsi buah kolang kaling 8 biji setiap hari secara rutin, rasa sakit tersebut berangsur-angsur pulih”.

Ada lagi yang merasakan rasa sakit pada tulang dan persendian, setelah mengkonsumsi buah kolang kaling secara rutin 10 biji sehari, rasa sakit tersebut berangsur-angsur pulih dan saat ini sudah tidak terasa lagi.

Ternyata menurut Federik S Woworuntu, Buah kolang kaling ini telah diteliti dari jaman dulu yakni jaman penjajahan. Awalnya mereka cukup heran dengan kondisi fisik orang pribumi yang tetap baik, rahasianya yakni karena sering mengkonsumsi buah kolang kaling. Pada buah ini terdapat gelatin yang dapat dicerna oleh tubuh untuk mensintesa kolagen. Kolang-kaling juga mengandung Albumin yang adalah protein plasma tubuh kita yg mencapai 60%. Kolang-kaling mengandung serat untuk membantu pencernaan bekerjasama dengan gelatin dan mineral kalium, kalsium, fosfor dan besi yang dikandungnya. Bagi anda yang memiliki penyakit berat seperti tulang kejepit (HNP), mengkonsumi kolang kaling sangat baik untuk memperbaiki masalah tulang tersebut.

Selain itu, Ada banyak manfaat yang terdapat pada buah kolang kaling, diantaranya adalah.

1. Memperkuat Tulang

Orang-orang sangat rajin untuk mengkonsumsi susu karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi untuk tubuh, sehingga susu sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh, terutama untuk anak-anak yang memang dalam masa pertumbuhan.

Akan tetapi susu memiliki risiko berupa kalori yang tinggi, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan juga sangat tidak baik karena dapat membuat tubuh menjadi kegemukan.

Dan pada buah kolang kaling ini pada setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium, sedangkan susu sapi murni pada setiap 100 gram susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium.

Sehingga dengan begitu mengkonsumsi buah kolang kaling ini juga bisa dijadikan alternatif yang cukup baik sebagai sumber kalsium selain dari susu.

2. Mengobati Radang Sendi

Apabila seseorang mengalami radang persendian, ia akan cenderung mengalami rasa sakit pada bagian lututnya apabila sudah berjalan atau menaiki dan menuruni tangga selama beberapa menit. Jika anda mengalami hal ini janganlah khawatir, kolang kaling bisa menjadi alternatif untuk meredakan radang yang anda alami. Mengapa bisa? Karena kolang kaling mengandung karbohidrat galaktomannan sebesar 52,9% yang mampu meredakan rasa sakit atau memberikan efek analgesik. Hal itulah yang bisa mengurangi rasa sakit pada radang sendi.

Jika anda memiliki penyakit radang sendi, sebaiknya konsumsi kolang kaling secara rutin sebagai upaya penyembuhan, rebuslah kolang kaling tersebut dan langsung dikonsumsi.

Lalu bagaimana cara mengonsumsinya? Rebus kolang kaling tanpa dicampur apa pun (termasuk gula). Setelah matang, tiriskan dan nikmati kolang kaling sebagai camilan.

3. Melancarkan pencernaan

Kolang kaling juga memiliki kandungan serat yang tinggi hingga 33 persen. Bagi anda yang sulit buang air besar, mengkonsumsi kolang kaling sangat baik untuk pencernaan. Konsumsi 5 hingga 10 butir setiap hari untuk melancarkan pencernaan.

4. Makanan Diet Yang baik

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahlinya, bahwa pada 100 gram buah kolang-kaling ini mengandung hingga 0,69 gram protein, karbohidrat sebanyak 4,0 gram, kadar abu sebesar 1 gram, dan serat kasar sebesar 0,95 gram.

Adapun untuk kadar air pada buah kolang-kaling ini sangat tinggi yaitu hingga 94% yang dengan kadar air tinggi tersebut membuat buah kolang-kaling menjadi sangat segar di tubuh ketika Kamu konsumsi.

Kemudian pada kolang kaling juga terkandung gelatin yang memiliki efek bagi yang mengkonsumsinya akan timbul rasa kenyang.

Sehingga apabila Kamu mengalami keadaan keadaan nafsu makan yang berlebihan, maka jangan khawatir karena buah kolang-kaling ini akan membuat hilang pada nafsu makan yang berlebihan itu. Hal ini cocok bagi kamu yang sedang program diet.

5. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat kasar yang terkandung pada buah kolang-kaling hingga 39%, dimana ini berkhasiat agar dapat melancarkan pencernaan tubuh, kandungan serat disertai karbohidrat yang cukup tinggi membuat kolang kaling bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Selain juga dapat melancarkan pencernaan, Kamu akan dapat lebih mudah dan teratur dalam pembuangan air besar, serta khasiat buah kolang kaling ini juga baik untuk menghindari terjadinya obesitas atau kegemukan pada tubuh.

6. Untuk mengatasi masalah perut

Buah kolang kaling dapat mengobati rasa panas di perut. Ketika cuaca panas, maka minuman dengan bahan kolang kaling mampu menjaga tubuh terhidrasi dan mengatasi ulang mineral yang hilang. Dengan begitu, kolang kaling cukup efektif dimanfaatkan dalam mengobati masalah pencernaan dan juga penyakit perut lainnya.

7. Mengobati Gatal-Gatal Pada Kulit

Gatal-gatal memang bukan penyakit yang membahayakan kesehatan. Namun, gatal-gatal pada kulit pastilah akan menyiksa penderitanya. Gatal-gatal memang tak bisa ditebak kedatangannya. Nah, bagi anda yang sudah terlanjur terserang gatal-gatal, tak ada salahnya anda mencoba pengobatan herbal dengan mencoba manfaat kolang kaling. Kolang kaling ini rupanya bisa digunakan untuk mengatasi gatal-gatal. Caranya, anda hanya butuh getah kolang kalingnya saja untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Cukup lakukan secara rutin agar hasilnya segera terlihat.

Semoga informasi tentang manfaat kolang kaling untuk kesehatan di atas bermanfaat bagi semua. Jangan lupa bantu share ya agar bermanfaat bagi yang lain.

Advertisements