Kepedasan? Jangan Minum Air Putih! Ini Alasannya

Sudah diketahui bahwa kebanyakan orang Indonesia menyukai makanan pedas. Tidak lengkap rasanya jika makanan tidak ada rasa pedasnya. Bahkan salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal adalah sambal yang terkenal rasa pedasnya.

Jika sudah makan pedas, salah satu minuman pendamping yang harus ada di samping kamu pasti adalah air putih, benar kan? Tapi ternyata tak baik lho minum air putih setelah akan makanan pedas. Ternyata selama ini kita melakukan kebiasaan yang salah lho, dengan cara minum air putih dingin untuk menghilangkan rasa pedas.

Sangat wajar jika kita lebih memilih minum air putih yang netral dan segar sebagai pilihan pertama penghilang rasa pedas, tapi penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan ini ternyata salah. Ketika kamu minum air setelah makan pedas, rasa pedas tersebut justru akan menyebar ke seluruh bagian mulut, bukan hanya di lidah.

 
Apa yang menimbulkan rasa pedas di lidah dan mulut Anda?

Capsaicin yang ada di dalam cabai atau makanan pedas akan mengenai reseptor yang merasakan nyeri di lidah yang disebut reseptor TRPV1. Respon reseptor ini akan mengirimkan impuls ke otak dan akan memberi sensasi terbakar dari makanan pedas. Jadi, ini adalah mekanisme dasar yang terjadi ketika kita makan makanan pedas.

 
Apakah Air Efektif Dalam Meredakan rasa pedas?

Studi menunjukkan bahwa capsaicin kimia adalah molekul non-polar, rasa terbakar itu cuma bakal larut dalam zat non-polar yang lain. Namun lantaran air yaitu zat polar, hal semacam ini tidak dapat menghilangkan rasa pedas di mulut. Demikian sebaliknya, malah menyebarkan rasa pedas serta terbakar di seluruh bagian mulut. Tidak cuma itu, sensasi terbakar ini juga membuat kamu semakin merasa haus.

Bagaimana cara menghilangkan rasa pedas?

Gunakan cairan non-polar lainnya untuk meringankan rasa sakit akibat makanan pedas.

1. Susu kental manis atau mengkonsumsi makanan yang mengandung susu
 
 

Susu cair adalah minuman non-polar serta memiliki kandungan casein dapat menetralisir capsaicin serta menyingkirkan sensasi terbakar di mulut. Daripada minum air putih banyak-banyak bikin kembung, saat kepedesan minumlah susu segelas kecil atau kunyah makanan yang mengandung susu. Susu juga berperan mencegah permasalahan lambung (rasa panas di perut) lantaran kebanyakan makan pedas.

2. Yogurt

Sama seperti susu, yogurt pun dapat meredakan rasa pedas. Saat kepedesan, suhu tubuh akan meningkat. Namun, dengan mengonsumsi yogurt, suhu akan menurun. Yogurt juga memudahkan tubuh mencerna makanan.

3. Roti atau biskuit secuil saja

Roti terbukti ampuh menyerap rasa pedas yang tertinggal di lidah atau mulut. Sejatinya, cabai mengandung minyak bila dikonsumsi di dalam tubuh. Minyak itu akan terserap oleh roti yang dikonsumsi sehingga rasa pedasnya luntur.

4. Nasi

Kalau gak ada roti, kamu bisa mengkonsumsi sedikit nasi untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa pedas yang membakar mulut. Nasi sama seperti roti, nasi dapat menyerap rasa pedas dan akan mengurangi rasa panasnya dalam waktu yang relatif cepat.

5. Air gula

Karena air putih saja tidak cukup mampu untuk membasmi rasa pedas ini, kamu bisa menambahkan gula ke dalam air putihmu. Campuran air gula ini bisa menghilangkan rasa pedas dan meredakan rasa panas di dalam mulut. Kamu juga bisa meredakan pedas hanya dengan menggunakan gula saja. Caranya adalah dengan menghamburkan gula pada lidah, lalu diamkan selama 30 detik. Gula tersebut akan menyerap rasa pedas di dalam mulut kamu.

6. Minuman asam

Minuman yang mengandung rasa asam, selain menyegarkan juga bisa kamu jadikan pilihan untuk menetralisir rasa pedas. Karena rasa asam akan membantu menarik rasa pedas yang menempel di lidah kita. Pilih lah minuman yang mengandung lemon atau jeruk untuk membantu menghilangkan rasa pedas di dalam mulut.

7. Minyak sayur

Minyak memang kedengarannya aneh tapi, bukan untuk diminum, melainkan dijadikan sebagai ‘pencuci’ mulut setelah kamu menyantap makanan pedas. Kamu bisa menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun. Akan lebih baik jika minyak tersebut disimpan dahulu di dalam lemari es.

8. Kacang

Makan kacang juga bisa membasmi rasa pedas ini karena kandungan lemaknya dapat mengangkat rasa pedas dalam mulut. Selain kacang, kamu juga bisa menggantinya dengan selai kacang. Karena kedua makanan ini mengandung bahan utama yang sama.

9. Jus buah



Kamu pernah merasa pusing di kepala setelah menyantap makanan pedas? Itu artinya kamu sedang mengalami dehidrasi akibat kepedasan. Untuk itu atasi dengan minum jus buah, selain menyegarkan dan meredakan rasa pedas di mulut, jus buah dipercaya mampu menghilangkan rasa pusing di kepala karena makanan pedas ini.

Makanan dan minuman di atas bisa kamu sediakan dahulu sebelum menyantap makanan pedas untuk persiapan kalau kamu kepedasan. Dengan beberapa makanan dan minuman di atas, kamu sudah tidak perlu takut lagi untuk menyantap makanan pedas

Bagaimana cara Mentolerir rasa pedas?

Jika Anda benar-benar tergila-gila makanan pedas, cara terbaik untuk mendapatkan toleransi untuk mengonsumsi makanan pedas adalah membiasakan memakannya secara teratur akan menurunkan rasa mudah terpengaruh reseptor nyeri di lidah Anda. Semakin sering makan pedas, maka mulut akan semakin kebal dengan rasa pedas tersebut. Ini akan membantu Anda untuk secara bertahap meningkatkan konsentrasi makanan pedas.

Advertisements