Sinopsis Film: The Transporter (2002)

Transporter (Le Transporteur) adalah film aksi Perancis yang disutradarai Louis Leterrier & Corey Yuen, dan ditulis oleh Luc Besson, yang terinspirasi oleh BMW Films’ The Hire series. Film ini dirilis di Perancis pada tanggal 2 Oktober 2002 dan di Amerika Serikat pada 11 Oktober 2002. Ini adalah film pertama dari tiga seri, yaitu Transporter 2 dan Transporter 3.

Frank Martin (Jason Statham) seorang mantan militer yang memutuskan pensiun dini. Di usianya yang masih muda dan semangatnya yang tinggi memutuskannya untuk meneruskan bisnis di Prancis.

Dia mencoba membangun diri sebagai seorang “Transporter” yang sangat handal tapi juga berbahaya bagi yang mencoba menghentikannya. Tapi Frank memiliki aturan sendiri terhadap kliennya, dia tidak ingin terlalu banyak pertanyaan ketika sedang melaksanakan tugas.

Frank Martin disewa untuk mengantarkan barang, tapi bukan sembarang barang. Dia bekerja untuk siapa saja yang sanggup membayar jasanya. Dia memiliki tiga peraturan dalam bekerja. Peraturan pertama “a deal is a deal”, peraturan kedua “no names”, dan peraturan ketiga “never open the package”. Dia bekerja sangat profesional dengan peraturan yang dibuatnya. Orang mengatakan bahwa peraturan ada untuk dilanggar, namun tidak baginya.

Di aksinya yang pertama, disewa untuk mengangkut “Tiga orang, 254 kilo.” Tapi, bukan tiga orang yang masuk ke mobilnya, melainkan empat orang, mereka adalah perampok bank. Frank menolak untuk mengemudi, dia berkata “a deal is a deal”, peraturan nomor 1. Setelah itu, salah satu anggota geng membunuh temannya yang lain, Frank pun lalu memulai mengemudi. Dia mengecoh semua petugas polisi agar mereka tidak ditangkap. Dan mereka pun berhasil lolos dari kejaran poisi, kesepakatan berjalan lancar.

Bisnis yang dilakukan oleh Frank Martin mulai menemukan banyak pelanggannya. Hal itu membuat Frank Martin mulai percaya dengan bisnisnya.

Di aksinya yang selanjutnya, Frank disewa untuk mengirimkan paket ke sebuah gangster Amerika (Matt Schulze) yang dikenal sebagai “Wall Street.” Saat mengganti ban kempes di jalan ke Wall Street, ia melanggar salah satu aturan dan membuka paket yang ditempatkan di bagasinya. Isi paket itu ternyata adalah seorang wanita keturunan Cina bernama Lai Kwai (Shu Qi).

Frank sempat melepaskan Lai Kwai karena ia memohon sesak buang air kecil dan Frank tidak mau mobil nya yang baru dicuci itu jadi tempat buang air kecil. Frank memberikan waktu 1 menit untuk Lai Kwai buang air kecil di hutan, dengan tali diikat di lehernya agar tidak kabur. Walaupun sempat melepaskan talinya dan kabur tetapi dalam aksi kejar-kejaran Lai Kwai ditangkap kembali oleh Frank.

Dia mengirimkan paket seperti yang dijanjikan, tetapi tampaknya si penerima curiga bahwa Frank telah membuka isi paket tersebut. Saat dia pergi, Wall Street meminta Frank lagi untuk mengirimkan sebuah koper, dan ternyata isi koper tersebut adalah sebuah bom.

Frank kemudian kembali ke kediaman Wall Street dengan berang, menghancurkan rumahnya, menghantam semua orang yang ada di sana dan mengambil sebuah mobil. Dan ternyata, wanita yang berada di dalam paket itu ada di mobil yang dicurinya itu. Frank berniat untuk meninggalkan wanita tersebut ditengah jalan, tapi dia tak tega, dan dia pun membawa pulang wanita tersebut.

Lai Kwai adalah seorang anak yang ayahnya bekerja dalam human traficcking (perdagangan manusia). Lai ingin menghentikan aksi ayahnya untuk menjual manusia, dan Frank pun ikut membantu Lai, walaupun sebenarnya dia tidak ingin terlibat pada masalah ini. Karena ia menganggap ia diperalat oleh Lai Kwai untuk membantunya dan segala kebaikannya sebagai tukang masak di rumahnya juga adalah rekayasa. Namun Lai membantah, karena ada 1 hal yang bukan rekayasa, yaitu perasaannya di saat mereka bercumbu di rumahnya.

Lai yang mengetahui Frank adalah mantan militer, ia memohon kepadanya untuk menyelamatkan nyawa banyak orang. Walaupun awalnya menolak. Akhirnya Frank terlibat dengan aksi kejar-kejaran pemukulan sambil mengemudi mengejar 2 buah Kontainer yang sedang dikirim ke tempat tujuan human trafficking

Film berakhir dengan tragis, ai menembak mati ayahnya sendiri, salah satu dari dua kontainer sandera dibebaskan, Frank dan Lai bersatu kembali dengan gembira. Itulah sekilas tentang film “The Transporter”, film ini memang penuh dengan aksi, sangat cocok diperankan oleh Jason Statham. Aksi tembak menembak pun sangat natural, tidak ada yang kelihatan dibuat-buat.

Nama para pemeran utama The Transporter:
Jason Statham, pemeran karakter Frank Martin
Shu Qi, pemeran karakter Lai Kwai
François Berléand, pemeran karakter Inspektur Tarconi
Matt Schulze, pemeran karakter Darren “Wall Street” Bettencourt
Ric Young, pemeran karakter Mr. Kwai

Berikut Trailer Film The Transporter

Advertisements