Sinopsis Film A Chinese Odyssey part 1 and 2

A CHINESE ODYSSEY I : Pandora’s Box

Tidak seperti kisah aslinya, film komedi parodi berjudul “A Chinese Oddysey I: A Pandora Box” hasil besutan sutradara Jeff Lau Chun Wai di tahun 1995 ini mengisahkan 500 tahun yang lalu, Raja Monyet Sun Go Kong (Stephen Chow) dan Raja Kerbau tidak memenuhi janji kepada Budha untuk menjaga dan mengantar gurunya, Tong Ceng (Longevity Monk) yang diperankan oleh Lau Kar Ying, ke wilayah Barat untuk mengambil kitab Suci. Malah mereka dengan tega menganiaya Tong Ceng demi mendapatkan kehidupan abadi. Tidak hanya itu mereka juga merampas sebuah kotak mistik yang bernama Pandora Box.

Seorang dewi khayangan sangat marah dan hendak menghukum Sun Go Kong dan Raja Banteng. Namun dengan pongahnya, Sun Go Kong melawan sang dewi, namun dewi memutuskan untuk memberinya kesempatan kedua setelah Tong Ceng (Longevity Monk) memohon keringanan hukuman dan mengorbankan dirinya. Sehingga langit menghukumnya akan menjadi manusia biasa pada reinkarnasi berikutnya.

Lima ratus tahun kemudian, Monyet direinkarnasi sebagai Joker (Juga diperankan oleh Stephen Chow), kepala kelompok penjahat. Joker dan gengnya diserang oleh dua siluman, Chu Cheng (Lam Kit Ying) yang awalnya berjalan sendirian melalui gurun pasir ke Gunung Wuyue yang ditinggali oleh para bandit itu. Namun bukannya Joker berhasil menakut-nakuti wanita tersebut.

Namun malah Chu Cheng membuat Joker, asistennya (Ng Man Tat) dan anak buahnya ketakutan setengah mati dan harus tunduk pada perintah wanita tersebut, sebab Chu Cheng adalah wanita iblis yang berjuluk Spider Devil. Tidak hanya itu, saudara perempuan Spider Devil, Pak Jit Jing (Karen Mok) juga datang ke tempat tersebut. Spider Devil rupanya mencari orang yang memiliki tiga tanda kelahiran di salah satu kakinya.

Dikabarkan pemilik tiga tanda kelahiran itu adalah reinkarnasi Sun Go Kong.

Tujuan kedua wanita tersebut ternyata berhubungan dengan daerah gunung Wuyue yang diisukan akan menjadi tempat pertemuan para dewa. Joker diam-diam menyukai Pak Jit Jing itu sehingga berpura-pura menjadi reinkarnasi Sun Go Kong.

Joker menemukan Bak Jing-jing dan mencoba untuk menyelamatkannya dengan melakukan perjalanan kembali dalam waktu dengan bantuan Kotak Pandora, tapi setiap kali ia tiba beberapa detik terlambat untuk menghentikan dia dari melakukan bunuh diri. Dia akhirnya berhasil membuatnya tepat waktu untuk mencegah Bak Jing-jing dari menggorok lehernya. Sialnya Raja Kerbau tanpa diduga datang ke situ juga dan hendak membalas dendamnya kepada Sun Go Kong.

Tapi Bak Jing-jing mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan dia dari Banteng Raja. Joker perjalanan kembali waktu lagi, tetapi akhirnya akan kembali dalam waktu 500 tahun. Di luar gua, ia bertemu peri, Zixia, yang menyita Kotak Pandora dan membuat tiga titik di telapak kakinya untuk menandai dia sebagai budaknya. Ini memenuhi takdir sejati sebagai monyet. Dia tampak di cermin ajaib yang diberikan kepadanya oleh Kakek Buddha sebelumnya dan terkejut melihat refleksi dirinya sebagai monyet.

Berhasilkah orang yang merupakan reinkarnasi Sun Go Kong itu diketemukan ? Mengapa kedua wanita iblis tersebut begitu ingin menemukan reinkarnasi Sun Go Kong ?

A CHINESE ODYSSEY II : CINDERELLA  

Di masa 500 tahun lalu, Joker kebingungan melihat lingkungan yang agak asing baginya. Selagi ia bingung, muncullah seorang wanita yang bernama Zixia (Athene Chu) di hadapannya. Zixia yang merupakan dewi muda, menyatakan bahwa areal gua tempat Joker berada adalah miliknya dan juga termasuk Joker sendiri. Bahkan Zixia dengan ilmu magisnya membuat 3 titik tanda kepemilikan di kaki Joker. Selain itu, kotak Pandora dirampas pula oleh Zixia.

Jelas Joker tidak senang dengan perbuatan sang dewi muda itu. Juga ia tidak mempedulikan tentang Dewa Kera Sun Go Kong yang entah bagaimana berhubungan dengannya. Hanya satu yang dipikirkan bagaimana ia merampas kotak Pandora sehingga bisa kembali ke masanya 500 tahun kemudian untuk menyelamatkan istrinya, Jing Jing. Karena Zixia terlalu kuat baginya, sehingga untuk sementara Joker terpaksa menurut sang dewi. Ketika bersama Zixia, barulah Joker mengetahui bahwa dalam kehidupan sebelumnya, Zixia dan saudara perempuannya selalu berkelahi satu sama lain sehingga dihukum oleh para dewa sehingga berubah menjadi satu orang.

Jika pada siang hari kepribadian Zixia yang baik menguasai tubuhnya, sedangkan kepribadian saudara perempuannya yang jahat, Lin Qingxia yang menguasai tubuh pada malam harinya. Tidak heran jika Joker dibuat kelabakan menghadapi dua kepribadian berbeda pada siang dan malam hari. Namun Joker tidak menyerah untuk berusaha kembali ke masa depan. Oleh karena itu, Joker diam-diam mengambil pedang magis dari sarung pedang Zixia. Tetapi pada saat itulah, barulah jelas bahwa Zixia dan Joker ditakdirkan untuk bersama. Zixia jatuh cinta dengan dia setelah dia menarik keluar pedangnya dari sarungnya karena dia membuat janji untuk menikahi orang yang bisa menghunus pedangnya. Tidak heran Joker jadi kebingungan memilih istrinya atau Zixia. Selain itu, ia juga harus menghadapi kenyataan bahwa ia adalah reinkarnasi Dewa Kera.

Zixia dan Tong Ceng (Longevity Monk) ditangkap oleh Raja Banteng, yang ingin mengambil Zixia sebagai selir dan pesta pada daging Tong Ceng untuk menjadi abadi. Siluman Babi dan Dewa Tanah mencoba untuk menyelamatkan Tong Ceng tapi ia menolak untuk meninggalkan kecuali Joker berjanji untuk memenuhi takdirnya. Joker pergi mencari Zixia, menyelamatkan dirinya, dan mereka melarikan diri dari Raja Banteng. Pada laga berikutnya antara Joker dan teman-temannya melawan Raja Banteng, Joker jatuh dari tebing dan menemukan dirinya kembali di dalam Gua Air Terjun, di mana ia bertemu Kakek Buddha dan Bak Jing-jing. Bak Jing-jing setuju untuk menikah Joker awalnya, tapi dia meninggalkannya kemudian dan mengatakan kepadanya untuk menyelamatkan Zixia karena dia tahu dia sebenarnya cinta dengan orang lain. Tak lama setelah itu, Spider Devil datang ke Gua Air Terjun dan membunuh semua orang, termasuk Joker. Pada titik kematian, Joker menyadari orang yang ia benar-benar cintai adalah Zixia.

Joker, sebagai hantu, mendengar suara Dewi di dalam gua lagi, mengingatkan dia tentang nasibnya. Dia memutuskan untuk menerima nasibnya dan menempatkan behel emas di atas kepalanya, oleh karena itu iapun berubah menjadi monyet. Dia kembali ke dunia dan bergegas ke kota Raja Banteng untuk menyelamatkan Tong Ceng dan menghentikan upacara pernikahan Raja Banteng dengan Zixia. Saat ia sekarang adalah dewa kera, ia harus melepaskan semua keinginan manusianya, termasuk cinta, jadi dia memberitahu Zixia dia bukan Joker dan berpura-pura mencemooh dirinya.

Dewa Kera dan Raja Banteng terlibat dalam pertempuran. Ketika Raja Banteng menyadari ia kalah, ia menggunakan kipas besi dewi sihir untuk mengipas angin kencang yang akan meniup seluruh kota ke arah matahari dan membunuh semua orang. Dewa Kera berhasil menghentikan Raja Banteng dan menyelamatkan semua orang, tetapi Zixia mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Dewa Kera. Saat ia meninggal, Dewa Kera mengungkapkan cintanya dan, saat ia meninggal, Dewa Kera mengungkapkan cintanya dan, sebagai hasilnya, lingkaran behel nya mengencangkan dan menyebabkan dia merasakan kesakitan ekstrim. Dalam kemarahan, ia memukuli Raja Banteng sebelum melarikan diri bersama-sama dengan Tong Ceng, Siluman Babi dan Dewa Tanah dengan menggunakan Pandora Box.

Dewa Kera bangun kemudian dan menemukan dirinya di dalam sebuah gua, tapi dengan Tong Ceng dan rekan-rekan saat ini. Di luar gua, di sebuah kota yang sibuk, Dewa Kera melihat inkarnasi dari Joker dan Zixia dalam berdiri di atas dinding. Dia menggunakan kekuatannya untuk merasuki tubuh Joker dan memberi Zixia ciuman panjang dan penuh gairah sebelum meninggalkan tubuh Joker. Joker pulih dan terkejut melihat dirinya terkunci dalam pelukan dengan Zixia, tetapi menerima dan terus berasmara dengannya. Mereka melihat Dewa Kera berjalan pergi di kerumunan di bawah ini dan menertawakan penampilannya yang jelek. Monyet tidak kembali sampai di luar gerbang di mana ia memberikan pandangan terakhir pada pasangan yang merangkul dan melanjutkan perjalanannya kebarat untuk mencari kitab suci dengan rekanannya.

Berikut Trailer Film Film A Chinese Odyssey

 

Advertisements