Wow, Ternyata Menghirup Aroma Kentut Itu Bermanfaat

Kentut merupakan anugerah yang seharusnya disyukuri dan dikeluarkan, bukan untuk jadi bahan hinaan. Jika ditahan-tahan, tubuhmu pasti merasa nggak enak dan rentan terkena penyakit. Toh menurut penelitian, menghirup aroma kentut entah di sengaja atau tidak bisa berimbas baik buat tubuh kita, walaupun agak jijik jika harus membayangkannya.

Oleh karena itu, yuk sekarang kita kulik bersama mengapa bau kentut itu sangat baik jika terhirup oleh indera penciuman kita. Siapa tahu kalau sudah mengetahuinya, kamu bisa memaklumi saat ada orang yang kentut sembarangan. Hehehe… Here we go!
1. Kentut itu wajib dikeluarkan

Umumnya yang kamu tahu kentut itu berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Padahal, udara yang masuk ke dalam tubuh tanpa kamu sadari seperti saat bernapas atau berbicara juga termasuk, lho.

Udara-udara inilah yang juga harus dikeluarkan tubuh melalui kentut. Nah, saat kamu mengonsumsi makanan, tubuh akan mencernanya bersama enzim dan asam lambung. Begitupula saat kamu bernapas atau berbicara. Proses pencernaan makanan yang sedang terjadi tadi tercampur dengan udara di luar. Produksi yang tercampur ini membuat usus memproses gas, lalu jadilah kentut.

2. Kentut yang bau berarti kinerja organ di dalam perutmu bagus

Senyawa-senyawa yang tercipta ketika kamu mengonsumsi makanan akan menghasilkan hidrogen sulfida – inilah yang menciptakan aroma kentut berbeda-beda. Kentut yang sangat busuk menandakan kinerja organmu di dalam perutmu berjalan dengan baik.

Selain itu, bau kentutmu itu juga bisa berarti tingkat serat dalam tubuh memang sehat dan jumlah bakteri baik di dalam usus telah mencukupi.

3. Hidrogen sulfida yang dihirup akan memelihara dan memperbaiki mitokondria sel

“Gas hidrogen sulfida dalam dosis tinggi sebenarnya sangat mematikan. Namun, dalam kentut, dosisnya sangat rendah dan malah bisa menyehatkan,” ujar dr Mark Wood selaku kepala penelitian University of Exeter di Inggris,

Hidrogen sulfida pada kentut sangat baik untuk dihirup karena dapat menghindarkanmu dari berbagai penyakit. Hal ini karena gas tersebut mampu memelihara dan memperbaiki mitokondria sel. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Exeter di Inggris pernah membuat gas kentut buatan – di mana dosis kecil gasnya ditiupkan ke mitokondria sel. Mitokondria selnya pun hancur dan tubuh menjadi melemah, sehingga menyebabkan kamu gampang sakit.

Mencium aroma kentut dipercaya sanggup mencegah berbagai penyakit berbahaya macam stroke, serangan jantung, arthritis, demensia, bahkan kanker, papar Dr. Mark Wood, profesor dari University of Exeter,

Jika mitokondria sel terjaga dengan baik, maka berbagai penyakit yang dikhawatirkan seperti kanker, stroke, jantung, dan demensia bisa kamu hindari.

4. Begini cara kerja hidrogen sulfida

Mitokondria merupakan kunci mencegah tubuh terkena stroke, jantung, diabetes, dan demensia. Ketika sel-sel stres terkena penyakit, mereka akan menarik enzim untuk menghasilkan hidrogen sulfida dalam jumlah banyak. Hal ini yang membuat mitokondria bekerja lebih keras sehingga sel masih mampu bertahan hidup. Jika tidak, maka sel akan mati dan tubuh nggak mampu lagi menata kelanjutan hidup dan mengendalikan peradangan.

5. Tetapi dianjurkan tidak menghirup berlebihan

Kini kamu nggak perlu berlebihan menghindari atau bahkan membenci orang-orang yang kentut sembarangan. Karena kenyataannya bau kentut punya manfaat besar untuk kesehatan. Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak menghirupnya ya kalau tidak mau membahayakan tubuh. Hal ini karena, dampaknya akan sama saja jika kamu membeli hidrogen sulfida di toko kimia. Malah jadi bahaya.

Karena sudah terbukti kalau bau kentut itu menyehatkan, yuk jangan lagi sungkan mengeluarkannya. Dan kamu pun nggak perlu sebal lagi kalau ada yang kentut sembarangan, toh aromanya bisa kamu hirup untuk kesehatan. Asal hirup sewajarnya saja, ya!

Advertisements