10 Prinsip yang Harus Kamu Pegang Demi Masa Depan Menjanjikan

Dalam hidup seseorang pasti mempunyai prinsip. Sama juga jika kita ingin merencanakan keuangan di masa depan. Tanpa prinsip tentu hal tersebut tidak akan tercapai. Makanya selagi kamu masih muda, enggak ada salahnya untuk belajar memiliki prinsip dasar yang juga dimiliki orang-orang sukses terlebih dahulu. Berikut akan diulas 10 prinsip dasar yang harus kamu pegang teguh demi kesuksesan mu di masa depan.

1. Jangan membuat uang menjadi motivasimu untuk bisa sukses di masa depan. Temukan hal lain yang memiliki makna lebih dalam daripada hanya mendapatkan uang banyak. Tanyakanlah pada dirimu, setelah mempunyai uang banyak, kamu mau apa?

2. Kamu adalah anak bangsa yang bukan hanya memberikan kontribusi terhadap dunia. Tapi juga harus memberikan perhatian kepada bangsamu sendiri. Jadi ketika kamu sudah punya banyak uang, lakukanlah sesuatu untuk bangsamu.

3. Kesuksesan adalah omongkosong tanpa integritas. Jika ada yang memberikan kepercayaan kepadamu, maka kamu harus jaga baik-baik. Karena tanpa kepercayaan tidak mungkin membangun sebuah relasi dan bisnis. Dan tanpa bisnis kamu akan terus mengejar uang sampai tua, bukannya uang yang mengejar kamu.

4. Jadilah pribadi yang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Kebanyakan di usiamu yang menginjak 20-an rasa ingin tahumu sudah menyusut dibanding kamu masih umur 5 tahun. Karena tanpa rasa ingin tahu yang tinggi kamu tidak akan menjadi kreatif dan tidak akan menemukan hal baru yang belum kamu ketahui. Bisnis adalah tentang mencari keistimewaan dalam diri.

5. Disiplin adalah pondasi untuk membangun kesuksesan. Kalau setiap pagi masih harus dibangunin oranglain jangan harap punya usaha yang maju. Sebab membangunkan diri sendiri saja tidak bisa, bagaimana mendisiplinkan karyawan?

6. Hindari konsumsi yang terlalu banyak. Gunakan uang seminim mungkin. Simpan baik-baik uangmu. Boleh saja menggunakannya tapi hanya untuk melipatgandakan uang yang kamu miliki. Seperti investasi.

7. Kesuksesan enggak akan terbangun kalau lingkungan enggak mendukung. Carilah lingkungan yang mendukung kamu untuk maju. Jika tidak kamulah yang harus berusaha menciptakan suasana itu.

8. Orang yang sudah mencapai kesuksesannya pasti memiliki pengaruh yang besar. Tanamkan pada dirimu bahwa jika suatu saat nanti kamu sudah sukses , kamu akan memberikan pengaruh positif untuk bangsamu sendiri dan kamu akan berlaku adil bahkan sejak dalam pikiran.

9. Kekayaan itu harus dipelihara seperti anak. Sekali kamu memiliki kekayaan, kamu harus memeliharanya agar ia bisa tumbuh.

10. Gunakan lah uangmu dengan bijaksana. Masa depan yang cerah enggak bisa hanya dinantikan saja. Salah satu caranya kamu bisa menanamkan prinsip dasar di dalam dirimu dari sekarang. Percayalah semua orang berhak sukses di bidang finansial, termasuk kamu.

Advertisements